PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN NILAI-NILAI ISLAM KELAS V SEMSTER I SD/MI

ITA, GUSTIANA (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN NILAI-NILAI ISLAM KELAS V SEMSTER I SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi ita gustiana.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi bahwa pendidik dalam proses pembelajaran hanya menggunakan referensi buku yang mencakup seua aspek sehingga informasi terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui apakah modul pembelajaran IPS layak digunakan dalam pembelajaran, (2) untuk mengetahui bagaimana kemenarikan, kemudahan dan manfaat dalam menggunakan modul pembelajaran IPS melalui pendekatan nilai-nilai islam.jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Researc and Developmen (R&D) yang menggunakan model desain pengembangan Borg and Gall. Yang meliputi sepuluh langkah namun dalam penelitian ini dibatasi hanya sampai ke tujuh dikarenakan tidak mencapai produksi massal dikarenakan biaya dan waktu yang terbatas.uji kelayakan produk dilakukan oleh beberapa validator yaitu 3 ahli materi, 2 ahli media, 2 ahli bahasa, 2 pendidik kelas V dan uji coba pada peserta didik kelas V SD/MI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran modul IPS melalui pendekatan nilai-nilai islam memperoleh nilai rata- rata presentase ahli materi sebesar 79,2% dengan kategori sangat layak, ahli media memperoleh skor sebesar 83% dengan kategori sangat layak, ahli bahasa memperoleh skor rata-rata sebesar 79,9% dengan kategori sangat layak, penilaian pendidik memperoleh rata- rata sebesar 94,9% dengan kategori sangat layak, tahap uji coba skala kecil mendapatkan presentase keseluruhan sebesar 84,6% dengan kategori sangat layak, uji coba skala kelompok besar mendapatkan presentase sebesar 90,2% dengan kategori sangat layak. Hal ini menujukkan bahwa Modul pembelajaran IPS melalui pendekatan nilai-nilai islam yang telah peneliti kembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Research and Developmen, Modul Pembelajaran IPS, Nilai-nilai Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Sep 2021 04:04
Last Modified: 01 Sep 2021 04:04
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15501

Actions (login required)

View Item View Item