WINDY, KURNIAWATI (2021) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BUNDA AL-MUNAWAROH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (3MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Setiap anak mempunyai kecerdasan yang harus distimulasi dan dikembangkan diantaranya kecerdasan logika matematika. Perkembangan kecerdasan logika matematika sangat berperan penting pada anak usia dini dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu seorang pendidik memiliki peran untuk berusaha sebaik mungkin dalam mengembangkan kecerdasan logika matematika anak sejak dini melalui metode yang sesuai dengan karakteristik anak. Untuk mengembangkan kecerdasan logika matematika salah satu metode yang bisa di gunakan adalah metode eksperimen. Rumusan permasalahan yang terdapat pada penelitian ini yaitu “Bagaimana Penerapan Metode Eksperimen dalam Mengembangkan kecerdasan logika matematika Anak usia 5-6 tahun Kelas B1 di TK Bunda Al-Munawaroh”, dan penelitian ini juga bertujuan untuk Mengetahui Penerapan Metode Eksperimen dalam Mengembangkan kecerdasan logika matematika Anak usia 5-6 tahun Kelas B1 di TK Bunda Al-Munawaroh. Jenis penelitian ini peneliti menggunakan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian 2 orang pendidik dan 14 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, Dan uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian mengenai Penerapan Metode Eksperimen dalam Mengembangkan kecerdasan logika matematika Anak usia 5-6 yang dilakukan oleh guru kelas B1 di TK Bunda Al-Munawaroh sudah sesuai dengan teori yang di jelaskan oleh Nana Sudjana tentang langkah-langkah Penerapan Metode Eksperimen yaitu di antaranyaa: 1.Guru melakukan persiapan dengan menentukan tujuan dari kegiatan eksperimen, 2.Guru menyediakan alat&bahan yang akan digunakan saat kegiatan eksperimen, 3.Guru memberi petunjuk mengenai prosedur dan mencontohkan terlebih dahulu sebelum anak melaksanakan kegiatan eksperimen, 4.Guru mengadakan pelaksanaan eksperimen, 5.Guru melakukan evaluasi mengenai kegiatan eksperimen. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode eksperimen dalam mengembangkan kecerdasan logika matematika sudah menunjukkan hasil yang baik, Hal ini dikarenakan bahwa guru sudah menerapkan secara terencana dan terlaksana dengan baik. Kata Kunci: Metode Eksperimen, kecerdasan logika matematika iiABSTRACT The intelligence of every child needs to be stimulated and developed, one of which is the intelligence of mathematical logic. The development of mathematical logic intelligence for early childhood plays an important role in everyday life. This is where the role of a teacher makes every effort to be able to develop children's mathematical logic intelligence from an early age with methods that are in accordance with the characteristics of the child. One of the methods used in developing mathematical logic intelligence is the experimental method. in Developing Mathematical Logical Intelligence for Children aged 5-6 years in Class B1 at Bunda Al-Munawaroh Kindergarten”, and the purpose of this study was to determine the application of experimental methods in developing mathematical logic intelligence for children aged 5-6 years in Class B1 at Bunda Al-TK Kindergarten. Munawaroh. In this study, researchers used descriptive qualitative research methods involving 2 teachers and 14 children. Data collection techniques were collected through observation, interviews, and documentation, data were analyzed descriptively by using data reduction, data display, and drawing conclusions. And test the validity of the data in this study using the triangulation method. Based on the results of the study, it can be concluded that the application of the experimental method in developing mathematical logic intelligence for children aged 5-6 carried out by the teacher is in accordance with the theory put forward by Nana Sudjana regarding the steps for the application of the experimental method, namely as follows: 1. The teacher prepares experimental activities by setting the objectives of the activity, 2. The teacher prepares the tools & materials that will be used during experimental activities, 3. The teacher provides directions regarding the procedure and gives examples before the children carry out experimental activities, 4.The teacher conducts experiments, 5. The teacher evaluates the experimental activities. The results of the study indicate that the experimental method in developing mathematical logic intelligence has shown good results, this is because the teacher has implemented it in a planned and well executed. Keywords: Experimental Method, mathematical logic intelligence
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 23 Aug 2021 05:00 |
Last Modified: | 23 Aug 2021 05:00 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15394 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |