SEPTI, ANA (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM BELAJAR DI SD/MI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF
Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM BELAJAR DI SD/MI Oleh Septiana Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa E-modul Berbasis Flipbook Maker pada tema tiga, dengan menggunakan e-modul dapat memudahkan peserta didik untuk memperoleh informasi tanpa waktu yang lama dan dapat dibawa kemana saja agar tercapainya sebuah pembelajaran yang efektif, efisien berdaya guna, dan menarik. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan Research and Development (R&D) berdasarkan pada model Borg and Gall yang dimodifikasi dalam buku Sugiyono, yang terdiri dari sepuluh tahapan, tetapi dalam penelitian ini hanya mengambil tujuh tahapan yaitu potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, dan revisi produk. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas III SD/MI. Data penelitian diperoleh dengan teknik angket, wawancara, dan tes. Hasil penilaian berdasarkan angket validasi ahli materi dikategorikan valid dengan nilai rata-rata sebesar 3,74. Hasil penilaian angket validasi ahli media dikategorikan valid dengan nilai rata-rata sebesar 3,58. Hasil penilaian angket validasi ahli bahasa dikategorikan valid dengan nilai rata-rata sebesar 3,70. Pada uji coba skala kecil yang diikuiti oleh 12 peserta didik kelas III di MI Nurul Falah Tanjung Baru memperoleh nilai rata-rata sebesar 93,1 yang termasuk dalam kategori sangat menarik. Pada uji coba skala besar yang diikuti oleh 25 peserta didik kelas III di MIN 10 Bandar Lampung memperoleh nilai rata-rata sebesar 87,4 yang termasuk dalam kategori sangat menarik. Pada uji coba kepada pendidik diperoleh nilai rata-rata 84,4 yang termasuk dalam kategori sangat menarik. Kualitas keefektifan produk dapat dilihat dari tes hasil belajar. Hasi tes belajar diolah dengan uji N Gain dengan hasil 0,58 pada kelompok kecil yang termasuk dalam kategori sedang dan 0,76 pada kelompok besar yang termasuk dalam kategori tinggi. Selanjutnya untuk melihat keberhasilan dan keefektifan produk peneliti menghitung nilai posttest peserta didik dengan hasil 83,3 pada kelompok kecil dan 92,8 pada kelompok besar, angka tersebut termasuk dalam kategori efektif dan layak digunakan karena sudah melebihi angka KKM. Kata Kunci: Tema Tiga, Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 07 Jul 2021 03:27 |
Last Modified: | 07 Jul 2021 03:27 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15131 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |