Asril, Fahmi Lubis (2021) PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH AL HIDAYAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (5MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Sebuah proses pembelajaran lembaga pendidikan membutuhkan kemampuan untuk memberi mutu yang terbaik, pendidikan yang kompetitif, dan salah satunya kualitas pelayanan untuk mendorong pembelajaran agar efektif dan efisien. Dalam penelitian ini peneliti mengidentifikasi masalah yaitu adanya fasilitas belum lengkap, terdapat guru mengajar bukan dibidangnya, dan adanya beberapa pendidik yang kurang ramah sehingga terdapat keluhan-keluhan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta didik di MTs Al-Hidayah Bandar Lampung, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Regresi Liniear Sederhana dengan pendekatan kuantitatif utuk mengetahui seberapa pengaruhnya antara kedua variabel. Hasil perhitungan regresi linear sederhana menunjukkan bahwa angka koefisien regresi sebesar 0,742. Karena nilai koefisien regresi bernilai positif (+), maka penelitian ini memiliki pengaruh positif. Jika dilihat dari hasil nilai T hitung (4.262) > T Tabel (2,160) dengan signifikasi sebesar 0,025 makan H0 ditolak dan Ha di terima, jadi terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta didik di MTs Al Hidayah Bandar Lampung. Berdasarkan teknik probabilitas dihasilkan Sig = 0,01 dan nilai α = 0,05/2 = 0,025 karena nilai Sig < nilai α yaitu 0,01 < 0,025 maka H0 ditolak. Perhitungan koefisien determinasi diperoleh angka 58,3% dan sisanya 41,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti. Dengan demikian terdapat pengaruh yang positif antara kualitas layanan terhadap kepuasan peserta didik di MTs Al Hidayah Bandar Lampung. Penelitian ini merekomendasikan bahwa apabila MTs Al Hidayah Bandar Lampung meningkatkan kualitas layanan yang menyangkut aspek kehandalan, daya tanggap, jaminan, empaty dan bukti fisik/ fasilitas, Memaksimalkan guru mengajajar dengan dibidang keahliannya untuk meningkatkan pembelajaran, dan Membuat program diluar jam belajar untuk membentuk keakrabaan antara peserta didik dengan guru agar kepuasan peserta didik terpenuhi. Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kepuasan Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 28 Jun 2021 07:32 |
Last Modified: | 28 Jun 2021 07:32 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14931 |
Actions (login required)
View Item |