LISMA, PELITA (2021) PENGARUH MODEL ELICIT, CONFRONT, IDENTIFY, RESOLVE, REINFORCE (ECIRR) UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
PDF
Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Fakta dilapangan menyatakan bahwa terdapat peserta didik mengalami miskonsepsi pada mata pelajaran biologi. Sehingga perlu adanya reduksi miskonsepsi agar pemahaman peserta didik menjadi lebih baik, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh model Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce (ECIRR) untuk mereduksi miskonsepsi peserta didik kelas XI pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen desain the matching only pretest-postest control group design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis. Jenis tes yang digunakan adalah Two Tier Multiple Choice (TTMC) dengan Certainty Of Response Index (CRI). Analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikansi yaitu 0,000<0,005. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce (ECIRR) untuk mereduksi miskonsepsi peserta didik kelas XI pada mata pelajaran biologi. Kata Kunci: Elicit, Confornt, Identify, Resolve, Reinforce (ECIRR), Reduksi, Miskonsepsi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 28 Jun 2021 03:52 |
Last Modified: | 28 Jun 2021 03:52 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14919 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |