WORO, MUTIARA HARDIENTRI (2021) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PECAHAN PESERTA DIDIK KELAS IV. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (5MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini melatar belakangi penelitian pengembangan video pembelajaran dalam mengatasi pemecahan masalah Matematika. Matematika merupakan penunjang dalam penilaian belajar di sekolah maupun di dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik pada jenjang Sekolah Dasar mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan pemecahan masalah pada materi pecahan, sehingga nilai peserta didik tidak mendapatkan hasil yang memuaskan. Peneliti membuat video pembelajaran sebagai salah satu bahan ajar yang dapat digunakan oleh pendidik pada proses pembelajaran. Peneliti pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kemenarikan video pembelajaran Matematika dalam pemecahan masalah dalam pemecahan masalah materi pecahan sebagi alternatif pembelajaran.Adapun metode penelitian dalam penelitin ini adalah Research and Development (R&D) berdasarkan modifikasi yang dikembangkan oleh Sugiono. Tahapan yang dilakukan hanya tahap 1 hingga tahap 7 yaitu dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain poduk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk. dan revisi produk. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket dengan skala Likert untuk respon.Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa serta uji coba tanggapan pendidik dan peserta didik.Media yang dikembangkan diuji cobakan kepada 23 peserta didik kelas IV A di SD Negeri 1 Teluk Betung dan 12 peserta didik di SD Negeri 2 Teluk Betung.Hasil validasi ahli materi pada aspek kualitas isi memperoleh rata-rata skor 96 dengan kriteria sangat valid dan pada aspek kebahasaan memperoleh rata-rata skor 90 dengan kriteria sangat valid. Validasi ahli media pada aspek kualitas memperoleh rata-rata skor 86,7 dengan kriteria sangat valid, pada aspek efektifitas memperoleh rata-rata skor 82 dengan kriteria sangat valid dan aspek penyajian memperoleh rata-rata skor 85 dengan kriteria sangat valid. Validasi ahli bahasa pada aspek lugas memperoleh rata-rata skor 86,5 dengan kriteria sangat valid, aspek komunikatif memperoleh rata-rata skor 85 dengan kriteria sangat valid, dan aspek kesesuaian dengan kaidah bahasa memperoleh rata-rata skor 86,7 dengan kriteria sangat valid. Pada uji coba kelompok kecil memperoleh rata-rata skor 85 dengan kriteria interpretasi yang dicapai yaitu “sangat baik”, uji kelompok besar memperoleh nilai rata-rata skor 89,74 dengan kriteria interpretasi yang dicapai yaitu “sangat baik”. Kata kunci : Video Pembelajaran Matematika, Pemecahan Masalah, Pecahan Kelas IV
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 07:13 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 07:13 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14859 |
Actions (login required)
View Item |