RENY, YUNUS (2021) EVALUASI MODEL KIRKPATRICK TERHADAP PELAKSANAAN DIKLAT PENGUATAN PENGAWAS SEKOLAH BERBASIS BEST PRACTICE, HOTS DAN PEMBELAJARAN ORANG DEWASA DI INDONESIA. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Abstrak Evaluasi merupakan suatu proses atau kegiatan pemilihan, pengumpulan, analisis dan penyajian informasi yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan serta penyusunan program selanjutnya. Petronila Jean mendeskripsikan bahwa pendidikan dan pelatihan adalah The method of Technical and Vocational Education and Training yang diapresiasikan sebagai upaya untuk memperoleh keterampilan praktis, sikap, pemahaman dan mampu mengolahnya secara Best Practice dan menghasilkan suatu ide atau gagasan mengenai suatu teknik, metode, proses, aktivitas, intensif sehingga dapat memberi mereka pengetahuan dan implikasi baru. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang permasalahan yang menunjukan tidak optimalnya kualitas individual pasca Diklat sehingga penulis menganalisis dan menemukan hasil melalui model Kirkpatrick. Penelitian ini diinterpretasikan secara deskriptif kualitatif dengan sampelnya adalah pengawas sekolah yang berjumlah 100 orang. Data dalam penelitian ini dijaring menggunakan angket dan dilakukan pengujian reliabilitas dengan Cronbach Alpha. Evaluasi program Diklat ini diperoleh dengan menggunakan rubrik evaluasi empat level. Hasil penelitian menggambarkan Evaluasi Model Kirkpatrick pada Program Diklat penguatan pengawas sekolah adalah kegiatan evaluasi yang sangat efektif. Dengan kesimpulan yang menunjukkan bahwa (1) Tujuan evaluasi pada pelaksanaan Diklat ini adalah untuk mengetahui perubahan kondisi psikologis sebelum, selama, dan setelah pelaksanaan dan perubahan perilaku berkorelasi baik dengan variabel. Pada hasil borang instrumen 1, mendapat hasil responden. Sebanyak 100 data. Data yang berhasil diperoleh dilakukan filtering untuk menghindari terjadinya data ganda yang berjumlah 2 dan data NULL (data kosong) yang berjumlah 65, sehingga didapat hasil data sebanyak 32 responden. Hasil borang instrumen 2, diterapkan teknik simple random sampling yang sebelumnya terdapat 1.498 data jumlah responden, kemudian diperoleh sampel penelitian sebanyak 99 orang dan dibulatkan menjadi 100 orang sebagai responden. 100 data yang telah diperoleh dilakukan filtering untuk menghindari terjadinya data ganda maupun data NULL. Hasil borang instrumen 3, secara keseluruhan terdapat 19 data jumlah responden. Maka Hasil diklat yang diukur dengan monitoring hasil kerja pengawas tidak sepenuhnya dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan diklat karena ternyata terjadi penurunan nilai 5-10% terkait kualitas sekolah yang menjadi objek kepengawasan kependidikan. iiiAbstract Evaluation is a process or activity of selecting, collecting, analyzing and presenting information that can be used as a basis for decision making and for the preparation of further programs. Petronila Jean described that education and training is The method of Technical and Vocational Education and Training which is appreciated as an effort to gain practical skills, attitudes, understanding and being able to process them in Best Practice and generate an idea or idea about a technique, method, process, activity. , intensive so as to provide them with new knowledge and implications. This study aims to get an overview of the problems that show the quality of the individual post-training is not optimal so that the authors analyze and find the results through Kirkpatrick's model. This study was interpreted in a descriptive qualitative manner with a sample of 100 school supervisors. The data in this study were collected using a questionnaire and reliability testing was carried out with Cronbach Alpha. Evaluation of the Education and Training program is obtained using a four-level evaluation rubric. The results of the study illustrate that the Kirkpatrick Evaluation Model in the Training Program for strengthening school supervisors is a very effective evaluation activity. With the conclusion that (1) the purpose of evaluation in the implementation of this training is to determine changes in psychological conditions before, during, and after implementation and changes in behavior are well correlated with variables. On the results of the instrument form 1, get the results of the respondents. A total of 100 data. The data that was successfully obtained was filtered to avoid the occurrence of double data, amounting to 2 and NULL data (blank data), which amounted to 65, so that the results obtained were 32 respondents. The results of the instrument form 2 were applied simple random sampling technique which previously contained 1,498 data on the number of respondents, then obtained a research sample of 99 people and rounded up to 100 people as respondents. The 100 data that have been obtained are filtered to avoid duplicate data and NULL data. The results of instrument 3 forms, in total there are 19 data on the number of respondents. Then the results of the training are measured by monitoring the results of the supervisor's work not fully usable to measure the success of the training was due to the fact that there was a decrease in the value of 5-10% related to the quality of the schools which were the objects of educational supervision. iv درجملا عنصل ساسأك اهمادختسا نكمي يتلا تامولعملا ميدقتو ليلحتو عمجو رايتخلا طاشن وأ ةيلمع وهمييقتلا ينقتلا بيردتلاو ميلعتلا بولسأ وه بيردتلاو ميلعتلا نأ نيج لاينورتب تفصو .ىرخأ جمارب دادعلإو رارقلا ينهملاو اهتجلاعم ىلع ةردقلاو مهفلاو فقاوملاو ةيلمعلا تاراهملا باستكلا اًدهج هرابتعاب هريدقت متي يذلا مهديوزتل فثكم لكشب ، .طاشنلا ، ةيلمعلا ، ةقيرطلا ، ةينقت لوح ةركف وأ ةركف ديلوتو تاسرامملا لضفأ يف نأ رهظت يتلا تلاكشملا ىلع ةماع ةرظن ىلع لوصحلا ىلإ ةساردلا هذه فدهت .ةديدج تاريثأتو ةفرعمب نم اهيلع روثعلاو جئاتنلا ليلحت نم نوفلؤملا نكمتي ىتح ةيلاثم تسيل بيردتلا دعب يدرفلا بيردتلا ةدوج فرشم 100 اهماوق ةنيع ىلع ةيفيك ةيفصو ةقيرطب ةساردلا هذه ريسفت مت .كيرتابكريك جذومن للاخ مادختساب ةيقوثوملا رابتخا ءارجإ متو نايبتسا مادختساب ةساردلا هذه يف تانايبلا عمج مت .ةسردم Cronbach Alpha. ةعبرأ نم مييقت جذومن مادختساب بيردتلاو ميلعتلا جمانرب مييقت ىلع لوصحلا متي تايوتسم. طاشن وه سرادملا يفرشم ةيوقتل يبيردتلا جمانربلا يف كيرتابكريك مييقت جذومن نأ ةساردلا جئاتن حضوت يف تاريغتلا ديدحت وه بيردتلا اذه ذيفنت يف مييقتلا نم ضرغلا نأ )1( جاتنتسلاا عم .ةياغلل لاعف مييقت جئاتن ىلع .تاريغتملاب اقً يثو اطً ابترا طبترت كولسلا يف تاريغتلاو ذيفنتلا دعبو ءانثأو لبق ةيسفنلا فورظلا اهيلع لوصحلا مت يتلا تانايبلامت .تانايب 100 هعومجم ام .نيبيجتسملا جئاتن ىلع لصحا ، 1 ةادلأا جذامن ةيفصت حاجنب و 2 تانايب ىلإ لصت ةجودزم تانايب ثودح بنجتل NULL ( تغلب يتلاو )ةغراف تانايب ذخأ ةقيرطب 2 ةادلأا جذومن جئاتن قيبطت مت .ًابيجتسم 32 اهيلع لوصحلا مت يتلا جئاتنلا تناك ثيحب ، 65 ىلع لوصحلا مت مث ، نيبيجتسملا ددع نع تانايب 1498 ىلع اقً باس توتحا يتلا ةطيسبلا ةيئاوشعلا تانيعلا ةيفصت اهيلع لوصحلا مت تانايب 100متي .نيبيجتسمك صخش 100 ىلإ ابً يرقتو اصً خش 99 نم ثحب ةنيع ددع نع تانايب 19 كانه عومجملا يف ، 3 ةادلأا لاكشأ جئاتن .ةغرافلا تانايبلاو تانايبلا راركت بنجتل فرشملا لمع جئاتن ةعباتم للاخ نم بيردتلا جئاتن سايق متي مث .نيبيجتسملا لماكلاب مادختسلال ةلباق ريغ سايقلل يتلا سرادملا ةدوجب قلعتي اميف ٪10-5 ةميق يف ضافخنا كانه نأ ةقيقح ىلإ بيردتلا حاجن دوعي يوبرتلا فارشلإل افً ده تناك.
Item Type: | Thesis (PhD) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 06:53 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 06:53 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14802 |
Actions (login required)
View Item |