PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE WEBBED PADA PELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD/MI

MITA, TRIAS ANGGRAENI (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE WEBBED PADA PELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD/MI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of FULL SKRIPSI MITA TRIAS ANGGRAENI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of COVER BAB 1,  BAB 2 ,DAPUS MITA TRIAS ANGGRAENI.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pelajaran tematik dengan menggunakan bahan ajar untuk membantu pencapaian tujuan pembelajaran, banyak bahan ajar yang digunakan belum berbasis model pembelajaran terpadu tipe webbed, pada SDN 02 Kagungan Ratu dan MIN 7 Bandar Lampung hanya menggunkan buku paket dalam proses pembelajaran dan kurang variasi dalam bahan ajar yang digunakan. Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis model pembelajaran terpadu tipe webbed pada tema peduli terhadap makhluk hidup, mengetahui kelayakan dari bahan ajar berbasis model pembelajaran terpadu tipe webbed, dan mengetahui respon pendidik serta peserta didik terhadap bahan ajar berbasis model pembelajaran terpadu tipe webbed pada pelajaran tematik pada kelas IV SD/MI pada tema peduli terhadap makhluk hidup. Penelitian yang dilakukan penulis, yaitu Penelitian Reseacrh And Development (R&D) dengan menggunakan model Borg And Gall dengan tujuh tahapan. Subejek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket ahli bahasa, angket ahli materi, angket ahli media, angket pendidik dan angket peserta didik. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa bahan ajar berbasis model pemebelajaran terapdu tipe webbed pada tema peduli terhadap makhluk hidup yang dikembangkan secara keseluruhan memenuhi kriteria kelayakan dari ahli bahasa dengan skor 83% kategori sangat layak, ahli materi dengan skor 92% kategori sangat layak, ahli media dengan skor 88% kategori sangat layak, pendidik dengan skor 88% kategori sangat layak, peserta didik dengan skor 89% kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis model pembelajaran terpadu tipe webbed pada pelajaran tematik kelas IV SD/MI pada tema peduli terhadap makhluk hidup yang telah dikembangkan dapat dijadikan referensi pendidik dalam menunjang proses pembelajaran tematik. Kata Kunci: Bahan Ajar, Model Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed, Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jun 2021 04:21
Last Modified: 09 Jun 2021 04:21
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14461

Actions (login required)

View Item View Item