Hayati , Yuni (2017) Upaya guru pendidikan agama islam dalam membina akhlak siswa SD Negeri 02 Margosari Kecamatan Gunung Terang Kabupaten Tulang Bawang Barat. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() Preview |
PDF
Download (556kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (6MB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (104kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (238kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (287kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (137kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (291kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (99kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (73kB) | Preview |
Abstract
Tesis ini mengkaji upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa SD N 02 Margosari. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa SD N 02 Margosari Kecamatan Gunung Terang Kabupaten Tulang Bawang Barat. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data digunakan teknik pengumpulan data berupa purposive sampling, snowball sampling. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi sebagai metode pokok, metode wawancara dan metode dokumentasi sebagai metode pendukung. Sedangkan analisis datanya digunakan analisis kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan diambil dengan cara berfikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa SD N 02 Margosari Kecamatan Gunung Terang Kabupaten Tulang Bawang Barat yaitu melalui pembiasaan, keteladanan, hukuman, nasihat, pembelajaran, pengontrolan, pembinaan, pemberian tugas. Namun guru pendidikan agama Islam belum melakukan evaluasi, yaitu belum mengadakan curah pendapat, mengidentifikasi permasalahan, menganalisis masalah dengan teknik tertentu, mencari alternatif pemecahan, menentukan tindakan pemecahan masalah, merencanakan tindakan, melakukan tindakan dan mengevaluasi tindakan. Guru Pendidikan Agama Islam menanamkan dan membangkitkan keyakinan beragama dengan cara memberikan pemahaman tentang akhlak kepada Allah dan pemahaman untuk meneladani akhlak Nabi Muhammad, menanamkan etika pergaulan yang meliputi akhlak kepada orang tua, akhlak kepada guru, akhlak kepada saudara, akhlak kepada teman, akhlak kepada lingkungan, akhlak kepada lingkungan sosial, dan menanamkan kebiasaan yang baik terutama dalam membiasakan untuk disiplin, bertanggung jawab, melakukan hubungan sosial dan ibadah ritual. Faktor pendukung dalam membina akhlak adalah adanya SDM guru yang cukup, adanya perhatian guru pendidikan agama Islam terhadap siswa serta keteladanan dan kesabaran guru pendidikan agama Islam, sarana dan prasarana yang memadai, input siswa cukup tinggi, serta kegiatan ekstra keagamaan. Sedangkan faktor penghambat dalam membina akhlak adalah terbatasnya waktu, tingkat pemahaman, pengamalan serta penghayatan agama Islam berbeda-beda, minat siswa rendah, pergaulan siswa, ketika guru pendidikan agama Islam tidak mampu dalam bertingkah laku dan menjaga amanat yang sudah ada, maka sudah tentu berefek pada ketidak efektifan siswa dalam belajar, dan perhatian orang tua kurang. Adapun untuk mengatasi hambatan tersebut solusi yang diupayakan guru pendidikan agama Islam adalah mengadakan kegiatan ekstra keagamaan, sekolah menggalakkan kegiatan peringatan hari besar Islam, memberikan motivasi kepada siswa, kerjasama guru dan orang tua.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Rohai Inah Indrakasih |
Date Deposited: | 27 Sep 2017 02:20 |
Last Modified: | 27 Sep 2017 02:20 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1443 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |