PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORI KINESTETIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 3 MARGADADI JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

SITI, FERAYANTI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORI KINESTETIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 3 MARGADADI JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of perpus pusat.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 3 Margadadi Jati Agung Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran visual auditori kinestetik terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV di SDN 3 Margadadi Jati Agung Lampung Selatan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi peserta didik dalam menumbuhkan kerjasama, rasa kebersamaan antar peserta didik, bertanggung jawab, menjadikan peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah quasy exsperiment dengan desain pretest-postest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di SDN 3 Margadadi Jati Agung Lampung Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik dilakukan tes dengan soal pilihan ganda berjumlah 30 soal pada mata pelajaran tematik. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T Test dengan taraf signifikan = 0,05 (0,000 0,05), artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran visual auditori kinestetik terdapat perbedaan. Berdasarkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih besar dari nilai posttest kelas kontrol maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran visual auditori kinestetik berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 May 2021 03:30
Last Modified: 19 May 2021 03:30
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14303

Actions (login required)

View Item View Item