MAGHFIRAH, MAULANI (2021) HUBUNGAN KREATIVITAS PENDIDIK DENGAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 1 PASIR GINTUNG BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (1MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini yaitu proses pembelajaran yang kurang bervariasi dan kurangnya kreativitas guru dalam menerapkan strategi dan meode dalam pembelajaran. Dalam kegiatan belajar, kreativitas pendidik merupakan kekuatan yang mendorong minat belajar peserta didik melakukan kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar yang optimal dalam pembelajaran tematik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas pendidik dengan minat belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di SDN 1 Pasir Gintung Bandar Lampung. Dengan itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kreativitas pendidik dengan minat belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di SDN 1 Pasir Gintung Bandar Lampung. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Pasir Gintung Bandar Lampung dengan jumlah populasi yaitu seluruh kelas V yang berjumlah 60 peserta didik. Adapun jumlah sampel sebanyak 9 peserta didik yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitiannya adalah penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket kreativitas pendidik yang berjumlah 40 butir soal dan angket minat belajar yang berjumlah 40 butir soal. Teknik analisis digunakan yaitu korelasi product moment. Uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan linieritas. teknik analisis data menggunakan bantuan program IBM SPSS statistics 19. Hasil analisis dengan korelasi product moment menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kreativitas pendidik dengan minat belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di SDN 1 Pasir Gintung Bandar Lampung. Hal ini dibuktikan dari besarnya nilai rhitung sebesar 0,937. Jika nilai rhitung dibandingkan dengan nilai rtabel sebesar 0,754 dapat ditarik kesimpulan > begitu juga dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara kreativitas pendidik dengan iiiminat belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di SDN 1 Pasir Gintung Bandar Lampung. Kata kunci : Kreativitas Pendidik, Minat Belajar, Pembelajaran Tematik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 04 May 2021 06:46 |
Last Modified: | 04 May 2021 06:46 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14153 |
Actions (login required)
View Item |