Riska, Novalia (2021) PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENULIS KARANGAN DESKRIPSI KELAS IV DI MI MIFTAHUL HUDA TAMBAK JAYA WAY TENONG LAMPUNG BARAT. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF
Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih sulitnya peserta didik menulis karangan deskripsi dikarenakan tidak ada metode yang membuat peserta didik lebih mudah dalam membuat karangan deskripsi. Guru belum pernah menggunakan metode outdoor learning dalam pembelajaran menulis karangan. Metode outdoor learning adalah metode pembelajaran yang dilakukan di luar kelas atau alam tebuka. Alasan menggunakan metode outdoor learning karena dengan menggunakan metode ini peserta didik akan lebih mudah menulis karena dapat melihat langsung objek yang akan mereka tulis. Rumusan masalah dalam penelitian ini, adakah pengaruh metode outdoor learning terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi peserta didik kelas IV MI Miftahul Huda Tambak Jaya Waytenong Lampung Barat? Penelitian ini juga memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh metode outdoor learning terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi peserta didik. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk desain yang akan digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dengan rancangan yang digunakan yaitu One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Miftahul Huda Tambak Jaya Waytenong Lampung Barat tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 59 peserta didik. Sampel yang digunakan adalah kelas IV C. sampel diambil dengan cara teknik sampling Nonprobability Sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara tes, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan uji normalitas dan uji t. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil bahwa nilai rata-rata pretest 53 sedangkan nilai rata-rata posttest 87.45 dan perolehan dari hasi uji-T menulis karangan deskripsi dengan tahap signifikan 0.000 < 0.05 dengan demikian maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa metode outdoor learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi peserta didik kelas IV MI Miftahul Huda Tambak Jaya Waytenong Lampung Barat. Kata Kunci: Metode Outdoor Learning, Karangan Deskripsi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 04 May 2021 02:47 |
Last Modified: | 04 May 2021 02:47 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14131 |
Actions (login required)
View Item |