PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK TINGKAT SD/MI

Dwi, Nur Indah Sari (2021) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK TINGKAT SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (15MB)
[thumbnail of SKRIPSI DWI NUR INDAH .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan karena belum dikembangkannya media pembelajaran Tematik menggunakan Media Video Animasi di SD Negeri 1 Sabah Balau dan MI Banii Saalim Bandar Lampung. Pada saat pembelajaran berlangsung pendidik sudah menggunakan media pembelajaran, namun belum menggunakan media pembelajaran berupa teknologi hanya menggunakan buku paket yang di dalam nya belum terlalu banyak gambar dan tidak menarik untuk peserta didik, serta pembelajaran tematik yang dipelajari terkesan biasa saja membuat peserta didik sulit memahaminya, kemudian belum menerapkannya media video animasi. Penelitian ini mengenai pengembangan media video animasi sebagai media pembelajaran Tematik Tingkat SD/MI yang dapat membantu pendidik dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah pengembangan (Research and Development atau R&D). Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE, yang menggunakan 5 langkah tahapan dalam penelitian, yaitu 1) Analysis 2) Design 3) Development 4) Implementation 5) Evaluation. Instrument yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetahui kelayakan video animasi dan mengetahui respon peserta didik terhadap kemenarikan media video animasi sebagai media pembelajaran tematik yaitu menggunakan skala Likert. Analisis data yang dilakukan yaitu mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif dari ahli media, ahli materi, peserta didik kelas IV SD/MI. Hasil penelitian yang telah dikembangkan memperoleh desain media pembelajaran berupa video animasi pada pembelajaran tematik dengan persentase kelayakan ahli media 90% dan ahli materi 87% dengan kriteria “sangat layak”. Persentase respon peserta didik terhadap kemenarikan produk pada uji coba skala kecil memperoleh persentase 94,25% dengan kriteria “sangat menarik” dan uji coba skala besar 95,75% dengan kriteria “sangat menarik” serta respon pendidik sebesar 97,22% dengan kriteria “sangat menarik. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji coba produk maka penulis dapat menyimpulkan bahwa media pembelajaran berupa video animasi layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci : Pengembangan, Video Animasi, Media Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Apr 2021 03:37
Last Modified: 30 Apr 2021 03:37
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14075

Actions (login required)

View Item View Item