FERIYANSYAH, Fry (2021) MANAJEMEN STRATEGIK SMK NEGERI 2 KALIANDA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Abstrak Manfaat besar dari manajemen strategi adalah memberi peluang bagi organisasi dalam pemberdayaan individual. Pemberdayaan adalah tindakan memperkuat pengertian karyawan mengenai efektivitas dengan mendorong dan menghargai mereka untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dan latihan inisiatif serta imajinasi.Penerapan manajemen strategi di dalam penyelenggaraan sistem pendidikan memungkinkan suatu organisasi penyelenggara pendidikan (termasuk di dalamnya sekolah dan departemen pendidikan) untuk lebih proaktif daripada reaktif dalam membentuk masa depan lembaga pendidikan di dunia global dewasa ini. Penerapan konsep berpikir dan bertindak strategik, lembaga pendidikan diharapkan dapat mengawali dan mempengaruhi daripada hanya memberi respons terhadap berbagai tuntutan dan atau aktivitas rutin dan birokratis, namun lebih dari itu, lembaga pendidikan harus dapat berusaha keras merencanakan kegiatan-kegiatan strategis, mengimplementasikan, dan mengendalikan segenap operasional kelembagaan untuk mencapai tujuan strategis yang telah dirumuskan.Dan dari yang telah diuraikan dilatar belakang tersebut dapat diidentifikasi beberapa masalah sebagai berikut Bagaimana Perumusan, Implementasi dan Evaluasi Manajemen Strategik SMK Negeri 2 Kalianda Kabupaten Lampung Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan data di lapangan. Penelitian ini akan mengungkap dan menjelaskan berbagai makna konsep atau fenomena pengalaman yang didasari oleh kesadaran yang terjadi pada beberapa partisipan secara alamiah ( dalam situasi yang alami) sehingga uapaya memahami berbagai fenomena yang terjadi dapat berjalan secara maksimal. Penelitian ini bersifat deskriptif, bertujuan untuk mendapatkan informasi secara mendalam tentang Manajemen Strategik SMK Negeri 2 Kalianda Kabupaten Lampung Selatan . Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Imlpementasi manajemen strategi terhadap peningkatan mutu pendidikan yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. (2) Pengelolaan SKL dan SI. Pada pengelolaan SKL Medan sudah ditetapkan sebanyak 23 poin, sementara untuk SI memuat kerangka dasar dan struktur kurikulum, beban belajar, kurikulum tingkat satuan pendidikan, dan kalender pendidikan.(3) Faktor pendukungnya adalah sarana prasarana yang sudah semakin membaik dari sebelum-sebelumnya dan juga jurusan TGB yang menjadi jurusan terfavorit. Sementara pada faktor penghambat ialah mindset siswa yang masih belum terbentuk dengan baik dalam niat awal ke sekolah. Sementara untuk para guru mereka masih banyak yang bertahan dengan cara mengajar yang konvensional. Katakunci:Manajemen Strategik viiAbstract The great benefit of strategic management is that it provides opportunities for organizations in individual empowerment. Empowerment is the act of strengthening employees' understanding of effectiveness by encouraging and rewarding them to participate in decision making and exercise initiative and imagination. The application of strategic management in the administration of the education system allows an education organization (including schools and education departments) to be more proactive than reactive in shaping the future of educational institutions in today's globalized world. The application of the concept of thinking and acting strategically, educational institutions are expected to initiate and influence rather than just responding to various demands and / or routine and bureaucratic activities, but more than that, educational institutions must be able to strive to plan strategic activities, implement, and control all institutional operations to achieve strategic objectives that have been formulated. And from what has been described in this background, several problems can be identified as follows: How to Formulate, Implement and Evaluate Strategic Management of h Intermediate Vocational State 2 Kalianda, South Lampung Regency. This type of research is qualitative research, using the method of observation, interviews and documentation in data collection in the field. This research will reveal and explain the various meanings of concepts or phenomena of experience based on the awareness that occurs naturally in some participants (in natural situations) so that the effort to understand the various phenomena that occur can run optimally. This research is descriptive in nature, aims to obtain in-depth information about the Strategic Management of h Intermediate Vocational State 2 Kalianda, South Lampung Regency. The conclusions of this study are: The results of this study indicate that: (1) Implementation of strategic management towards improving the quality of education which consists of planning, organizing, mobilizing, and monitoring. (2) Management of SKL and SI. In the management of SKL Medan, 23 points have been set, while SI includes the basic framework and curriculum structure, learning load, education unit level curriculum, and educational calendar. (3) The supporting factors are infrastructure that has improved from before and also TGB major which is the most favorite department. Meanwhile, the inhibiting factor is the student's mindset which is still not well formed in their initial intention to go to school. Meanwhile, many of their teachers still stick with conventional teaching methods. Keywords: Strategic Management viiiةرصتخم ةذبن .يدرفلا نيكمتلا يف تامظنملل صرفلا رفوت اهنأ يه ةيجيتارتسلإا ةرادلإل ةميظعلا ةدئافلا ىلع مهتأفاكمو مهعيجشت للاخ نم ةيلاعفلل نيفظوملا مهف زيزعتل لمع وه نيكمتلا ةيجيتارتسلإا ةرادلإا قيبطت حمسي .لايخلاو ةردابملا ةسراممو رارقلا عنص يف ةكراشملا نوكت نأب )ميلعتلا ماسقأو سرادملا كلذ يف امب( ةيميلعتلا ةسسؤملل ميلعتلا ماظن ةرادإ يف .ملوعملا مويلا ملاع يف ةيميلعتلا تاسسؤملا لبقتسم ليكشت يف لعفلا در نم ةيقابتسا رثكأ نأ ةيميلعتلا تاسسؤملا نم عقوتيُ ، يجيتارتسا لكشب لمعلاو ريكفتلا موهفم قيبطت دنع ةينيتورلا ةطشنلأا وأ / و ةفلتخملا بلاطملل ةباجتسلاا درجم نم ًلادب رثؤتو أدبت ىلع ةرداق ةيميلعتلا تاسسؤملا نوكت نأ بجي ، كلذ نم رثكأ نكلو ، ةيطارقوريبلاو قيقحتل ةيسسؤملا تايلمعلا .اهتبقارمو اهذيفنتو ةيجيتارتسلاا ةطشنلأا طيطختل يعسلا ديدحت نكمي ، ةيفلخلا هذه يف هفصو مت ام نمو .اهتغايص تمت يتلا ةيجيتارتسلاا فادهلأا ةيجيتارتسلاا ةرادلإا مييقتو ذيفنتو ةغايص ةيفيك :يلاتلا وحنلا ىلع تلاكشملا نم ديدعلا يسنجير جنوبملا بونج ، ةماعلا ةيوناثلا ادنايلاك ةسردم 2 ةينهملا ةيوناثلا ةسردملل. يف قيثوتلاو تلاباقملاو ةظحلاملا بولسأ مادختساب ، يعون ثحب وه ثحبلا نم عونلا اذه رهاوظ وأ ميهافمل ةفلتخملا يناعملا حرشيو ثحبلا اذه فشكيس .ناديملا يف تانايبلا عمج فقاوملا يف( نيكراشملا ضعب ىدل يعيبط لكشب ثدحي يذلا يعولا ىلع ًءانب ةبرجتلا .لثملأا وحنلا ىلع ثدحت يتلا ةفلتخملا رهاوظلا مهفل دهجلا ذيفنت نكمي ثيحب )ةيعيبطلا ةرادلإا لوح ةقمعتم تامولعم ىلع لوصحلا ىلإ فدهيو ، هتعيبطب يفصو ثحبلا اذه تاجاتنتسا .يسنجير جنوبملا بونج ، ادنايلاك 2 ةينهملا ةيوناثلا ةسردملل ةيجيتارتسلإا وحن ةيجيتارتسلإا ةرادلإا ذيفنت )1( :يلي ام ىلإ ةساردلا هذه جئاتن ريشت :ةساردلا هذه ةرادإ )2( .ةعباتملاو ةئبعتلاو ميظنتلاو طيطختلا نم نوكتت يتلاو ميلعتلا ةدوج نيسحت يوتحت امنيب ، جرختلا ريياعم ةرادإ عضو مت .ىوتحملا ريياعمو جرختلا ريياعم SI ىلع ةدحو ىوتسم ىلع جهانملاو ، ةساردلا ءبعو ، ةيساردلا جهانملا لكيهو يساسلأا راطلإا لبق نم تنسحت يتلا ةيتحتلا ةينبلا يه ةمعادلا لماوعلا )3[ .يميلعتلا ميوقتلاو ، ميلعتلا مل يتلا بلاطلا ةيلقع وه طبثملا لماعلا نإف ، هسفن تقولا يفو .لضفم .مسق اضً يأ يهو لازي لا ، هسفن تقولا يفو .ةسردملا ىلإ باهذلل ةيلولأا اهتين يف ديج لكشب اهليكشت متي ةيديلقتلا سيردتلا قرطب نيكسمتم مهيملعم نم ديدعلا . ، ةيجيتارتسلاا ةرادلإا :ةيسيئرلا تاملكلا
Item Type: | Thesis (PhD) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 20 Apr 2021 06:04 |
Last Modified: | 20 Apr 2021 06:13 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13830 |
Actions (login required)
View Item |