ID’HA, ILHAMI (2021) MANAJEMEN PEMBIAYAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH MATHLA’UL ANWAR KEDONDONG PESAWARAN. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRACT Pendidikan adalah salah satu segi penopang kehidupan yang penting, dan perhatian terhadap pendidikan sangat diutamakan dalam kehidupan, karena didalam dunia pendidikan meliputi pembiayaan., adapun biaya yang di maksud ialah biaya langsung dan biaya tidak langsung. Untuk mewujukan keperluan pendidikan, pendidikan harus memiliki pendapatan pembiayaan yang besar jumlahnya, apalagi pendidikan madrasah swasta yang sumber pembiayaanya hannya mengandalkan dari madrasah itu sendiri, orang tua murid, dan bantuan pemerintah.Dua hal yang timbul perhatian besar pada pembiayaan., Pertama, Pembiayaan termasuk kunci akan penentu kelangsungan dan kemajuan lembaga pendidikan, Kedua, lazimnya pembiayaan dalam jumlah besar sulit didapatkan khususnya pada lembaga pendidikan swasta. Dalam hal tersebut, pendidikan harus memiliki menejemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasa pembiayaan agar tujuan untuk mencapai VISI dan MISI madrasah. Kemudian berdasarkan hasil survey peneliti, bahwa peneliti memutuskan untuk meneliti Manajemen Pembiayaan Madrasah seperti apa, dan bagaimana pelaksanaannya maka dari itu peneliti fokuskan pada: Perencanaan keuangan (budgeting), Pelaksanaan (accounting) dan Penilaian (auditing), apakah sudah dilakukan dengan baik. Dengan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana Perencanaan Pembiayaan di MTs mathla‟ul Anwar Kedondong, Pesawaran 2. Bagaimana Pelaksanaan Pembiayaan di Madrasah Tsanawiyah Mathla‟ul Anwar, Kedondong, Pesawaran 3. Bagaimana Penilaian Pembiayaan MTs Mathla‟ul Anwar Kedondong, Pesawaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan sumber data dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Madrasah, Bendahara,Waka Kesiswaan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan yang kemudian diuraikan secara deskriptif. Adapun Implementasi Manajemen Pembiayaan melalui fungsi – fungsi Manajemen Pembiayaan di Madrasah Mathla‟ul Anwar dapat meningkatkan Mutu Madrasah dan Prestasi peserta didik secara akademik. Lalu adapun temuan peneliti pada saat penelitian, bahwa Madrasah Tsanwiyah Mathla‟ul Anwar, Memiliki Pendapatan Pembiayaan sepeti : - Adanya Siswa pindahan dari Madrasah lain. - Memiliki usaha Foto Copy Kata Kunci: Manajemen Pembiayaan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 05:18 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 05:18 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13493 |
Actions (login required)
View Item |