IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Ely, Safitri Yani (2020) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Ely Safitri Yani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen peserta didik keberadaannya sangat dibutuhkan di lembaga pendidikan karena siswa merupakan subjek sekaligus objek dalam proses transformasi ilmu dan keterampilan. Keberhasilan dalam penyelenggaraan pendidikan akan sangat bergantung dengan perkembangan potensi fisik, kecerdasan intelektual, sosial, emosional dan kejiwaan peserta didik. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen peserta didik di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dimana dalam prosesnya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan sumber informasi wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, serta staff tata usaha. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian ata, kesimpulan dan verifikasi penulis juga melakukan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian Implementasi Manajemen Peserta Didik di MTs Muhammadiyah Sukarame diperoleh: 1) analisis kebutuhan dengan cara rapat penerimaan peserta didik baru yang dilakukan oleh dewan guru dan staff MTs Muhammadiyah Sukarame, 2) rekruiten peserta didik dengan cara pembentukan panitia, merumuskan syarat pendaftaran, pembuatan brosur, penyebaran informasi,menyebarkan formulir pendaftaran serta pendaftaran online, ii 3) seleksi peserta didik dengan tes tertulis, 4) orientasi peserta didik dengan diperkenalkan hak dan kewajiban peserta didik selama menempuh pendidikan di Madrasah, 5) pengelompokan peserta didik dengan melihat hasil kemampuan peserta didik(Ijazah atau SKHU),6) pembinaan dan pengembangan peserta didik kegiatan kedisiplinan dan ekstrakulikuler, 7) pencatatan dan pelaporan peserta didik sejak diterima sampai lulus dari madrasah, 8) kelulusan. Kata Kunci: Manajemen, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Nov 2020 03:37
Last Modified: 27 Nov 2020 04:22
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12476

Actions (login required)

View Item View Item