Tuti Puspitasari, pus (2020) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK AL-QOLAM KOTAAGUNG TANGGAMUS. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (958kB) |
|
PDF
Download (22MB) |
Abstract
Manajemen pembelajaran adalah Seluruh kegiatan dan aktivitas belajar mengajar yang dirancang sesuai dengan perencanaan pembelajaran, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi dan penilaian hasil belajar. Manajemen pembelajaran adalah sebuah pekerjaan dengan tindakan-tindakan yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan/ evaluasi terhadap suatu interaksi belajar mengajar yang berlangsung sebagai sebuah proses saling mempengaruhi dalam bentuk hubungan interaksi antara guru dan siswa dalam setiap proses pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang sengaja diciptakan dengan tujuan untuk mengubah sikap dan perilaku serta menigkatkan pengetahuan yang telah ditetapkan dan ditentukan sebelumnya. Pada penelitian ini penulis menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi Metode observasi adalah metode penelitian dengan pengamatan yang dicatat dengan sistematik fenomena yang diselidiki secara teliti dan seksama, wawancara Wawancara adalah teknik pengumpulan data dengan mengajukan pertanyaan langsung oleh pewawancara kepada responde dan jawaban responden dicatat atau direkam dan dokumentasi Metode dokumentasi adalah teknik pengumpulan data yang tidak langsung ditujukan kepada subyek penelitian, namun melalui dokumen. Dalam Perencanaan pembelajaran dengan membuat silabus, RPP, program tahunan, program semesteran, program rencana pembelajaran dan kalender pendidikan. Dalam proses perencanaan ini sudah baik karena sudah sesuai dengan ketentuan yang ada. Dalam Pengorganisasian pembelajaran PAI mampu menciptakan suasana kelas yang kondusif. Hal ini terlihat dengan antusias peserta didik dalam mengikuti mata pelajaran dan merasa nyaman di kelas karena pengelolaan kelas yang baik dan kondisi kelas yang bersih dan nyaman. Dalam Pelaksanan proses manajemen pembelajaran PAI dilaksanakan di kelas dan luar kelas kemudian terdapat kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Dalam pengelolaan kelas dilakukan bervariasi agar siswa tidak jenuh atau bosan selama proses pembelajaran, disini kemampuan guru dalam membuka sampai menutup pembelajaran sudah baik. Dalam Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan sistem penilaian berupa proses pembelajaran dan hasil belajar yang di dalamnya menyangkut tiga ranah yaitu: kognitif, psikomotorik, dan afektif. Dalam pelaksanaannya, penilaian ini dilakukan secara terpadu dengan proses pembelajaran, sehingga disebut penilaian berbasis kelas (PBK). PBK dilakukan dengan pengumpulan tugas peserta didik (portofolio), hasil karya (product), penugasan (project), kinerja (performance), tindakan (action) dan tes tertulis (subjektif, objektif, dan projektif).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Najib Ali |
Date Deposited: | 24 Nov 2020 03:31 |
Last Modified: | 24 Nov 2020 03:31 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12397 |
Actions (login required)
View Item |