EKA, MARDIANA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GERLACH AND ELY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MIN 12 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (20MB) | Preview |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (20MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di MIN 12 Bandar Lampung Tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Gerlach and Ely dalam meningkatkan hasil belajar IPA Siswa kelas IV MIN 12 Bandar Lampung. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus, yang disetiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Instrumen penelitian ini terdiri dari observasi terhadap aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan teknik pengumpulan data berupa tes yang dilakukan pada awal (pretest) dan akhir (postest) proses pembelajaran dengan materi pelajaran yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian, Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 3 siklus, pada siklus I diketahui bahwa hasil belajar IPA mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 59.2%. Pada siklus ke-II menjadi 77.7%. Pada akhir siklus ke-III mengalami peningkatan menjadi 88.8%. Penelitian ini dikatakan berhasil karena telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian yaitu 85% siswa mendapat skor baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Pembelajaran Gerlach And Ely dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik pada kelas IV MIN 12 Bandar Lampung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 04:49 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 04:49 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12091 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |