Septi, Yana (2020) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1 SD NEGERI 2 SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (2MB) | Preview |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Manajemen kelas adalah menciptakan dan mempertahankan kondisi belajar yang optimal. Penciptaan kelas tidak hanya mengatur belajar, fasilitas fisik dan rutinitas saja akan tetapi menyiapkan kondisi kelas agar terciptanya suasana kenyamanan saat belajar, dengan demikian manajemen kelas memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan efektifitas belajar peserta didik dan fasilitas sekolah. Peserta didik bukan lagi subjek yang harus selalu aktif, sedangkan guru tidak hanya pusat pembelajaran melainkan fasilitator dan manager kelas serta bertanggung jawab atas kegiatan proses pembelajaran yang kondusif dan bermakna dengan cara memberdayakan semua komponen dalam kelas dan hal-hal mendukung lainnya. Sehubungan dengan hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang “Implementasi Manajemen Kelas Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD Negeri 2 Bandar Lampung”. Tujuan skripsi ini dilakasanakan untuk mengetahui implementasi manajemen kelas dan permasalahan apa saja yang terjadi dalam pembelajaran tematik kelas 1 B SD Negeri 2 Sukabumi Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya penyajian datanya menggunakan pendekatan deskriptif, berupa kata-kata tertulis ataupun lisan dari subyek yang diamati yaitu kepala sekolah, pendidik, dan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi manajemen kelas dalam pembelajaran tematik kelas 1 B di SD Negeri 2 Sukabumi Bandar Lampung menggunakan indikator pengaturan peserta didik dan pengaturan fasilitas. Peneliti menarik kesimpulan dalam implementasi manajemen kelas 1 B sudah berjalan sesuai dengan tujuan sekolah namun perlu ditingkatkan lagi pada pengaturan peserta didiknya karena ada satu indikator yang belum terimplementasi dengan baik yaitu pengaturan dinamika kelompok. Sedangkan factor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran dalam diri peserta didik dalam memenuhi tugas dan haknya dalam satu anggota, pelanggaran tata tertib sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 21 Sep 2020 03:39 |
Last Modified: | 21 Sep 2020 03:39 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11806 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |