PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC (READ-ANSWER-DISCUSS�EXPLAIN-CREATE) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPAS SISWA KELAS 4 MIN 2 BANDAR LAMPUNG

LIDYA, MEIDA RISYA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC (READ-ANSWER-DISCUSS�EXPLAIN-CREATE) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPAS SISWA KELAS 4 MIN 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL LIDYA MEIDA RISYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK RADEC merupakan model pembelajaran yang dikembangkan dengan berlandaskan pada beberapa hal berikut ini. Pertama, tujuan pendidikan nasional. Seperti yang kita ketahui bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan berbagai potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif eksperimen, penelitian ini dilakukan di MIN 2 Bandar Lampung, Kota Bandar Lampung, yang beralamatkan di Jl. Drs. Warsito No.50, Kupang Kota, Kecamatan Teluk Betung Utara Kota Bandar Lampung, dengan kode pos 35211. Penelitian ini menggunakan Quazy Eksperimental Design. Berdasarkan hasil penelitian Penggunaan model pembelajaran RADEC mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar kelas IV pada mata pelajaran IPAS di MIN 2 Bandar Lampung. Dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran Direct Instruction. Model pembelajaran RADEC sendiri terdiri dari lima tahapan pembelajaran diantaranya yaitu Read�Answer-Discuss-Explain-Create. Dengan demikian memungkinkan siswa untuk lebih memahami pembelajaran yang diberikan oleh guru yang menyampaikan. Kata kunci: RADEC, kuantitatif iv ABSTRACT RADEC is a learning model that was developed based on the following things. First, national education goals. As we know, national education aims to develop the various potentials of students so that they become human beings who have faith and are devoted to God Almighty, have noble character, are healthy, knowledgeable, capable, creative, independent and become democratic and responsible citizens. This type of research is eksperimental quantitative research, this research was conducted at MIN 2 Bandar Lampung, Bandar Lampung City, which is located at Jl. Drs. Warsito No.50, Kupang Kota, Teluk Betung Utara District, Bandar Lampung City, with postal code 35211. This research used Quazy Experimental Design. Based on research results, the use of the RADEC learning model has an influence on class IV learning outcomes in science and science subjects at MIN 2 Bandar Lampung. Compared with the use of the direct instruction learning model. The RADEC learning model itself consists of five learning stages including Read-Answer-Discuss-Explain-Create. This allows students to better understand the learning provided by the teacher who delivers it. Keywords: RADEC, quantitative

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Sep 2024 03:32
Last Modified: 10 Sep 2024 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35198

Actions (login required)

View Item View Item