PENGARUH PRODUCT BROWSING TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA PRODUK FASHION DI ECOMMERCE SHOPEE DENGAN FLASH SALE SEBAGAI VARIABEL MODERASI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Generasi Z di Kota Bandar Lampung)

LITA, ARYANI (2024) PENGARUH PRODUCT BROWSING TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA PRODUK FASHION DI ECOMMERCE SHOPEE DENGAN FLASH SALE SEBAGAI VARIABEL MODERASI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Generasi Z di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK LITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Memasuki era digitalisasi saat ini yang terus berkembang dunia teknologi dan informasi mengalami kemajuan dan perkembangan yang sangat pesat. Terutama mengenai perilaku konsumen saat ini yang telah mengalami perubahan yang signifikan, dengan adanya platfrom e-commerce dan juga inovasi pemasaran secara online. Sebelum konsumen membeli sebuah produk fashion pada media online mereka akan cenderung mencari informasi mengenai produk tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah product browsing berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif, apakah Flash sale memoderasi hubungan antara product browsing terhadap pembelian impulsif, bagaimana product browsing, Flash sale dan pembelian impulsif dalam perspektif bisnis syariah. Tujuan penelitian ini untuk menguji product browsing berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif,untuk menguji apakah Flash sale memoderasi hubungan antara product browsing terhadap pembelian impulsi,untuk mengetahui persepektif bisnis Islam mengenai product browsing, pembelian impulsif dan flash sale Metode dalam penelitian ini menggunakan kunatitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna shopee di Kota Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui Google Form. Adapun skala yang digunakan adalah skala likert Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesisi didukung, yaitu semakin tinggi seseorang melakukan product browsing (X) maka semakin tinggi kemungkinan terjadinya pembelian impulsif (Y). Flash sale memoderasi hubungan antara product browsing dan pembelian impulsif artinya semakin banyak Flash sale yang ditemukan seseorang saat melakukan product browsing maka akan mendorong untuk terjadinya pembelian impulsif. Dalam bisnis Islam, pembelian impulsif harus menunjukkan urgensi, seperti untuk bersedekah, dan tidak dianggap pemborosan. Product browsing adalah kegiatan mencari informasi yang harus akurat, sementara Flash sale diperbolehkan selama tidak melibatkan penipuan atau mudharat bagi orang lain. Kata Kunci : Product Browsing, Pembelian Impulsif dan Flash Sale. ABSTRACT Entering the current era of digitalization, which continues to develop, the world of technology and information is experiencing very rapid progress and development. Especially regarding current consumer behavior which has undergone significant changes, with the existence of e-commerce platforms and also online marketing innovations. Before consumers buy a fashion product on online media, they will tend to look for information about the product. The formulation of the problem in this study is whether product browsing has a positive and significant effect on impulse purchases, whether flash sales moderate the relationship between product browsing and impulse purchases, how product browsing, flash sales and impulse purchases in a sharia business perspective. The purpose of this study is to test product browsing has a positive and significant effect on impulse purchases, to test whether flash sales moderate the relationship between product browsing and impulse purchases, to find out the Islamic business perspective on product browsing, impulse purchases and flash sales. The method in this study uses kunatitatif. The sampling method used purposive sampling method. The population in this study were shopee users in Bandar Lampung City. The data collection technique used a questionnaire via Google Form. The scale used is a Likert scale. The results showed that the hypothesis was supported, namely the higher a person does product browsing (X), the higher the likelihood of impulse buying (Y). Flash sale moderates the relationship between product browsing and impulse buying, meaning that the more flash sales a person finds when doing product browsing, it will encourage impulse buying. In Islamic business, impulse purchases must show urgency, such as for charity, and are not considered wasteful. Product browsing is an information-seeking activity that must be accurate, while flash sales are allowed as long as they do not involve deception or harm to others. Keywords: product browsing, impulse buying and flash sale.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Sep 2024 02:54
Last Modified: 06 Sep 2024 02:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35159

Actions (login required)

View Item View Item