LITERASI INFORMASI MAHASANTRI DALAM MENGHASILKAN KARYA JURNALISTIK DI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN RADEN INTAN LAMPUNG

Laili, Sofia Fitri (2024) LITERASI INFORMASI MAHASANTRI DALAM MENGHASILKAN KARYA JURNALISTIK DI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER-BAB2 Bab 5-Dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL LAILI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Di era informasi yang serba cepat seperti sekarang, perkembangan informasi menghadirkan peluang dan tantangan baru. Sebagian informasi dapat dipercaya sedangkan sebagian lainnya diragukan kebenarannya. Hal ini mendorong kebutuhan akan literasi yang lebih baik agar penerima informasi dapat lebih kritis dalam menerima informasi. Terdapat delapan kategori literasi, salah satunya literasi informasi. Kemampuan literasi informasi menjadi semakin krusial bagi kalangan akademis maupun kalangan masyarakat umum, terutama bagi mereka yang ingin berkecimpung dalam dunia jurnalistik. Salah satu yang memanfaatkan kegiatan jurnalistik adalah mahasantri. 24 mahasantri sudah memiliki karya jurnalistik yang diterbitkan, namun terdapat kendala yang dialami mahasantri dalam membuat karya jurnalistik, yaitu kesulitan dalam menemukan informasi hingga terdapat Mahasantri yang tidak terlalu paham dengan bahan materi terkait jurnalistik ataupun tema yang akan dibuat. Berdasarkan fakta tersebut, diperlukan suatu pengukuran literasi informasi mahasantri dalam menghasilkan karya jurnalistik di Ma’had Al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung, salah satunya menggunakan model empowering 8. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jumlah sampel 265 responden. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk upaya penguatan literasi dalam menghasilkan karya jurnalistik dan mengetahui persepsi literasi informasi mahasantri dalam menghasilkan karya jurnalistik. Penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk upaya penguatan literasi informasi mahasantri terhadap karya jurnalistik diantaranya, menggunakan informasi terpercaya, menyaring informasi, membedakan fakta dan opini, menghasilkan karya yang informatif dan menarik, serta memberikan masukan dan saran. Mahasantri memiliki persepsi setuju terkait pemahaman literasi informasi dalam menghasilkan karya jurnalistik dalam hal identifikasi, eksplorasi, seleksi, mengorganisir, menciptakan, menyajikan, menilai, dan menerapkan, yaitu dengan rata-rata skor 2.86. Kata Kunci: Literasi Informasi, Jurnalistik, Mahasantri iv ABSTRACT In this fast-paced information era, the development of information presents new opportunities and challenges. Some information can be trusted, while other parts are questionable in their truthfulness. This encourages the need for better literacy so that information recipients can be more critical in receiving information. There are eight categories of literacy, one of which is information literacy. The ability to navigate information literacy is becoming increasingly crucial for both academic circles and the general public, especially for those who wish to engage in the world of journalism. One of those who benefit from journalistic activities is mahasantri. There are 24 mahasantri who have already published journalistic works, but they face challenges in creating these works, such as difficulties in finding information, and some mahasantri do not fully understand the material related to journalism or the themes they intend to develop. Based on these facts, it is necessary to measure the information literacy of students in producing journalistic at Ma’had Al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung, one of which uses the empowering 8 model. This research method uses a descriptive quantitative approach with a sample size of 265 respondents. This research aims to understand the forms of literacy strengthening efforts in producing journalistic and to ascertain the perceptions of information literacy among students in producing journalistic. The study shows that the forms of information literacy strengthening efforts among students in relation to journalistic include using reliable information, filtering information, distinguishing between facts and opinions, producing informative and engaging works, as well as providing feedback and suggestions. Students have a positive perception regarding their understanding of information literacy in producing journalistic works in terms of identification, exploration, select, organize, create, present, assess, and apply, with an average score of 2.86. Keywords: Information Literacy, Journalism, Mahasantri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam
Divisions: Fakultas Adab > Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:44
Last Modified: 02 Sep 2024 07:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35084

Actions (login required)

View Item View Item