PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF-TALK DALAM MENGATASI KECEMASAN BELAJAR DARING PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG

MUTIARA, ULANDA (2022) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF-TALK DALAM MENGATASI KECEMASAN BELAJAR DARING PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUTIARA ULANDA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah mengenai kecemasan belajar daring pada peserta didik. Dalam upaya mengatasi kecemasan belajar daring pada peserta didik terdapat indikasi kecemasan belajar yang dialami oleh peserta didik seperti tidak dapat berkonsentrasi dalam belajar, cemas, gelisah dan gugup. Hal tersebut dikarenakan adanya kecemasan belajar terhadap pelajaran Matematika, berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melaksanakan penelitian dengan pelaksanaan layanan konseling individu dengan teknik self-talk dalam mengatasi kecemasan belajar daring di SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Adapun tujuan diadakan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara pelaksanaan layanan konseling individu dengan teknik self-talk dalam mengatasi kecemasan belajar daring peserta didik di SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research), dimana peneliti mendeskripsikan fenomena apa saja yang ditemui di lapangan. Adapun prosedur pengumpulan data dengan mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.H SMP Negeri 19 Bandar Lampung dan subjek penelitian ini adalah guru BK, guru mata pelajaran matematika dan peserta didik, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan konseling individu dengan teknik self-talk dalam mengatasi kecemasan belajar daring di SMP Negeri 19, peserta didik mampu mengatasi kecemasan belajar daring tersebut dengan adanya perubahan terlihat dari keaktifan dalam belajar daring. Kata kunci: Kecemasan Belajar, Konseling Individu, Self-Talk iv ABSTRACT The problem was this study is about online learning anxiety in students. In an effort to overcome online learning anxiety in students, were indications of learning anxiety experienced by students such as not being able to concentrate on learning, anxiety, restlessness and nervousness. This was due to the existence of learning anxiety towards Mathematics, based on these problems the researchers carried out research by implementing individual counseling services with self-talk techniques in overcoming online learning anxiety at SMP Negeri 19 Bandar Lampung. The purpose of this research is to find out how to implement individual counseling services with self-talk techniques in overcoming online learning anxiety of students at SMP Negeri 19 Bandar Lampung. This study uses a qualitative research type, with the type of research being field research, where the researcher describes what phenomena are encountered in the field. As for the data collection procedure using observation, interviews and documentation, the population in this study were students of class VIII.H SMP Negeri 19 Bandar Lampung and the subjects of this study were BK teachers, mathematics teachers and students, the validity of the data using source triangulation. Based on the results of this study, it shows that the implementation of individual counseling with self-talk techniques in overcoming online learning anxiety at SMP Negeri 19, students were able to overcome online learning anxiety with visible changes in online learning activity. Keywords: Learning Anxiety, Individual Counseling, Self-talk

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jul 2022 02:28
Last Modified: 26 Jul 2022 02:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20038

Actions (login required)

View Item View Item