PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA APLIKASI ANDROID BERBASIS CONSTRUCT 2 PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI HAJI DAN UMROH KELAS X di MA

ELOK, FUROIDAH (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA APLIKASI ANDROID BERBASIS CONSTRUCT 2 PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI HAJI DAN UMROH KELAS X di MA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ELOK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Media pembelajaran sebagai perantara informasi pesan merupakan hal penting yang harus diperhatikan juga dalam kegaiatan pembelajaran.Karena peran media sebagai alat bantu umumnya digunakan untuk membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif, efisien dan menarik sehingga meningkatkan antusiasme peserta didik dalam belajar. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) harus dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya salah satunya dengan mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi android. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari proses pengembangan media pembelajaran berupa aplikasi android, untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berupa aplikasi android, dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap aplikasi android yang telah dikembangkan. media pembelajaran berupa aplikasi android berbasis construct 2 pada mata pelajaran Fiqih materi Haji dan Umrah. Media pembelajaran yang berbasis aplikasi android ini dibuat untuk mempermudah dan memberikan fasilitas belajar kepada peserta didik maupun guru di kelas.Aplikasi yang dibuat oleh peneliti juga untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam memahami materi haji dan umrah. Untuk mencapai terlaksananya tujuan penelitian maka dalam hal ini peneliti menggunakan pendeketan penelitian Research and Development (RnD), dengan menggunakan model ADDIE sebagai tahapan dalam penyelesaian penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran berupa aplikasi android dinyatakan sangat layak dilihat dari hasil akhir penilaian validator media dengan iii persentase 86 %, 2) materi pembelajaran dalam aplikasi android dinyatakan sangat layak dilihat dari penilaian validator materi dengan nilai persentase 91 %, 3) media yang diuji cobakan kepada peserta didik pada kelas kecil mendapat nilai persentase 86% dengan kategori sangat layak. Dan pada uji coba kelas besar memperoleh nilai persentase 88 % dengan kategori sangat layak. Kata Kunci: Media Pembelajaran,Construct 2.Haji dan Umrah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:30
Last Modified: 19 Jul 2022 04:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19875

Actions (login required)

View Item View Item