PENGARUH HARGA, PROMOSIDAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA GO-FOOD DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)

AMELIA, AYU WIDIANI (2022) PENGARUH HARGA, PROMOSIDAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA GO-FOOD DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Amelia Ayu Widiani_1751040014.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PENGARUH HARGA, PROMOSIDAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA GO-FOOD DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung) Oleh Amelia Ayu Widiani ABSTRAK Di zaman serba canggih saat ini bisnis transportasi online sangat diminati oleh masyarakat karena dapat mempermudah dalam transaksi tanpa harus bertemu langsung antara produsen dan konsumen dimanapun dan kapanpun itu. Contoh saja saat ingin memesan makanan, kita tidak perlu lagi keluar dari rumah. Kita bisa memesan makanan secara online dengan menggunakan aplikasi digital seperti layanan Go-Food pada aplikasi Gojek. Go-Food diluncurkan di Indonesia pada bulan Maret 2015. Go-Food merupakan jasa transportasi online untuk memesan makanan dan minuman yang merupakan layanan dari PT.Gojek Indonesia. Saat ini layanan tersebut masih digunakan mahasiswa dalam kehidupan sehari hari untuk memesan makanan atau minuman. Harga pada layanan tersebut terbilang lebih mahal dibanding harga aslinya namun keputusan penggunaan jasa tersebut masih berlangsung hingga sekarang. Harga, promosi dan kualitas pelayanan merupakan bagian dari strategi bauran pemasaran yang mempunyai peran sangat penting dan mampu mempengaruhi keputusan pembelian. Keputusan pembelian merupakan tahap-tahap yang dilalui konsumen dalam menentukan pilihan tentang produk dan jasa yang akan dibeli atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana pengaruh harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menggunakan jasa Go-Food pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Serta untuk mengkaji bagaimana perspektif ekonomi islam mengenai harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menggunakan jasa Go-Food. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif UIN Raden Intan Lampung dan jumlah besaran sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik iii purposive sampling. Alat uji analisis yang digunakan yaitu SPSS 23 dan uji analisis nya yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi (R2 ). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan, sedangkan promosi dan kualias pelayanan secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan penggunaan. Hasil uji koefisien determinasi (R2 ) menunjukkan bahwa variabel bebas (harga, promosi dan kualitas pelayanan) secara simultan/bersama-sama mampu mempengaruhi variabel terikat (keputusan penggunaan jasa) sebesar 32,3 % sisanya 67,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dalam perspektif ekonomi islam harga, promosi dan kualitas pelayanan yang diberikan perusahaan Gojek khususnya pada layanan Go-Food sudah cukup baik sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi islam, namun dalam pelayanan yang di berikan driver terhadap pelanggan masih ada beberapa oknum driver yang berlaku curang terhadap pelanggan yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam. Kata kunci: Harga, Promosi, Kualitas pelayanan, dan Keputusan penggunaan dalam perspektif ekonomi Islam. iv THE INFLUENCE OF PRICE, PROMOTION AND QUALITY OF SERVICE ON DECISIONS USING GO-FOOD SERVICES IN ISLAMIC ECONOMIC PERSPECTIVE (Studies on Students of the State Islamic University of Raden Intan Lampung) By Amelia Ayu Widiani ABSTRACT In today's sophisticated era, the online transportation business is in great demand by the public because it can facilitate transactions without having to meet directly between producers and consumers wherever and whenever it is. For example, when we want to order food, we no longer need to go out home. We can order food online by using digital applications such as Go-Food on the Gojek application. Go-Food was launched in Indonesia in March 2015. Go�Food is an online transportation service for ordering food and drinks which is a service from PT. Gojek Indonesia. Currently, the service is still used by students in their daily life to order food or drink. The price for this service is more expensive than the original price but the decision to use the service is still ongoing. Price, promotion and service quality are part of the marketing mix strategy which very important and able to influence purchasing decisions. The purchase decision is a step- stages that consumers go through in making choices about products and services to be purchased or not. This study aims to determine and analyze how the influence of price, promotion and service quality on decisions to use Go-Food services for University students mahasiswa Raden Intan Lampung's State Islam. As well as to examine how the Islamic economic perspectiveregarding prices, promotions and service quality on the decision to use Go-Food services. This study uses a quantitative approach method. The data used are primary data and secondary data. The population in this study were active students of UIN Raden Intan Lampung and the number of samples is 100 respondents using purposive sampling technique. Tool The analytical test used is SPSS 23 and the analytical test is the validity test, reliability test, test classical assumptions, multiple linear regression analysis test, t test, f test, and test the coefficient of determination (R 2 ). v The results of this study indicate that partially the price has a significant effect onusage decisions, while promotion and service quality partially have no effectagainst usage decisions. The result of the coefficient of determination (R2 ) showed that the independent variables(price, promotion and quality of service) simultaneously are able to influence the variablebound (decision to use services) of 32.3% the remaining 67.7% is explained by other variablesnot discussed in this study. In the perspective of Islamic economics price, promotion and qualitythe services provided by the Gojek company, especially the Go-Food service, are quite good accordingwith the principles of Islamic economics, but in the services provided by driverscustomers there are still some unscrupulous drivers who cheat against unsuitable customerswith the principles of Islamic economics. Keywords: Price, Promotion, Quality of Service, and Use Decisions from an economic perspective Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2022 06:06
Last Modified: 08 Mar 2022 06:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18277

Actions (login required)

View Item View Item