PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS II SD/MI

DWITIA, AGUSTINA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS II SD/MI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses pengembangan media gambar berseri untuk peserta didik kelas II SD/MI, mengetahui bagaimana kelayakan dari media gambar berseri sebagai media pembelajaran untuk peserta didik kelas II SD/MI, serta untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik dengan adanya media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia peserta didik kelas II SD/MI. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, angket, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan statistik deskriptif menggunakan skala likert. Dalam menentukan kelayakan produk, penelitian ini melakukan validasi kepada 4 validator yang terdiri dari ahli media dan ahli materi. Uji coba produk dalam penelitian ini terdiri dari uji coba kelompok kecil dengan subjek penelitian 16 peserta didik, dan uji coba kelompok besar dengan subjek penelitian 50 peserta didik. Penilaian kelayakan produk dalam penelitian ini adalah respon pendidik dengan total 3 pendidik, dan penilaian respon peserta didik dengan jumlah total 66 peserta didik. Berdasarkan tahapan-tahapan tersebut maka dapat disimpulkan media gambar berseri pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia materi menceritakan cerita yang didengar memperoleh nilai rata-rata ahli media 90% dikategorikan sangat layak, rata-rata dari ahli materi sebesar 88,5% dikategorikan sangat layak. Penelitian ini juga mendapatkan penilaian rata-rata respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil dan kelompok besar berjumlah 82,5% dan 88,73% dengan kriteria sangat layak. Selain itu, penelitian ini mendapatkan skor rata-rata presentase 82% dan 92% dari penilaian pendidik kelas II dalam uji coba kelompok kecil dan kelompok besar, sehingga memperoleh kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam uji coba dan validasi ahli, menunjukan bahwa media gambar berseri layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Media Pembelajaran, Gambar Berseri, Keterampilan Berbahasa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Feb 2022 04:26
Last Modified: 25 Feb 2022 04:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17762

Actions (login required)

View Item View Item