IMPLEMENTASI PASAL 18 AYAT 2B PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH NOMOR 16 TAHUN 2018 TENTANG KETERTIBAN UMUM DAN KETENTRAMAN MASYARAKAT PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Pada Pedagang Kaki Lima di Trotoar Masjid Istiqlal Bandar Jaya Barat Kabupaten Lampung Tengah)

MUHAMMAD, NOUVAL ANDESKA (2022) IMPLEMENTASI PASAL 18 AYAT 2B PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH NOMOR 16 TAHUN 2018 TENTANG KETERTIBAN UMUM DAN KETENTRAMAN MASYARAKAT PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Pada Pedagang Kaki Lima di Trotoar Masjid Istiqlal Bandar Jaya Barat Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2,DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI MUHAMMAD NOUVAL ANDESKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Maraknya pedagang kaki lima yang berdagang di sekitar Trotoar Masjid Agung Istiqlal Bandar Jaya menimbulkan berbagai masalah bahwa keberadaan pedagang kaki lima yang tidak teratur mengganggu ketertiban, serta kebersihan lingkungan. Fenomena pedagang kaki lima di sekitar Trotoar Masjid Agung Istiqlal Bandar Jaya tidak sesuai dengan peraturan daerah Kabupaten Lampung Tengah. Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi Pasal 18 ayat 2b Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Tengah Nomor 16 Tahun 2018 dalam proses pelaksanaan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat di Kabupaten Lampung Tengah dan bagaimana pandangan Fiqh Siyasah terhadap pelaksanaan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat di Kabupaten Lampung Tengah. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Pasal 18 ayat 2b Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Tengah Nomor 16 Tahun 2018 dalam proses pelaksanaan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat di Kabupaten Lampung Tengah dan pandangan Fiqh Siyasah terhadap pelaksanaan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat di Kabupaten Lampung Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), sifat penelitian ini bersifat deskriptif analisis yaitu membuat deskriptif, gambaran, atau lukisan secara sistematis dan objektif mengenai fakta-fakta, sifat-sifat tentang penertiban pedagang kaki lima di Kabupaten Lampung Tengah sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Tengah Nomor 16 Tahun 2018 Pasal 18 Ayat 2B Tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat. Penelitian ini bersumber dari data primer yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka (libarary research) berupa, Al-Quran, Hadist, peraturan perundang-undangan, jurnal, dokumen serta buku dan karya ilmiah lainnya. Data-data yang diambil sebagai rujukan selanjutnya dianalisis dengan cara analisis kualitatif melalui metode yang bersifat deskriptif analisis dengan pendekatan deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan-kebijakan dalam Perda Kabupaten Lampung Tengah Nomor 16 Tahun 2018 Pasal 18 ayat 2b, dalam pandangan Fiqh Siyasah telah sesuai. Namun, dalam pelaksanaannya di lapangan masih banyak hal yang kurang sesuai dengan ketentuan Fiqh Siyasah. pemerintah daerah Kelurahan Bandar Jaya telah mengupayakan beberapa cara dalam menangani permasalahan pedagang kaki lima yang berdagang di sekitar Trotoar Masjid tersebut, seperi relokasi tempat usaha kepada para pedagang iii kaki lima yang strategis dan mudah diakses oleh masyarakat yaitu pasar Bandar Jaya. Namun, para pedagang kaki lima tersebut tidak mengindahkan peraturan tersebut, dan lebih memilih berdagang di Trotoar Masjid Agung Istiqlal Peraturan Daerah tersebut tidak dijalankan dengan baik, sehingga tidak terjadinya ketertiban, kenyamanan, kebersihan, serta sering terjadi kemacetan lalu lintas di sekitar Masjid agung Istiqlal Bandar Jaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Feb 2022 02:33
Last Modified: 03 Feb 2022 02:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17500

Actions (login required)

View Item View Item