ANALISIS HUKUM ISLAM TENTANG PEMBAYARAN UPAH DENGAN PENAMBAHAN BEBAN KERJA PADA PENGASUH BAYI (BABYSITTER ) (Studi Kelurahan Rajabasa Raya Kecamatan Rajabasa Bandar Lampung)

AULIA, ANISA (2021) ANALISIS HUKUM ISLAM TENTANG PEMBAYARAN UPAH DENGAN PENAMBAHAN BEBAN KERJA PADA PENGASUH BAYI (BABYSITTER ) (Studi Kelurahan Rajabasa Raya Kecamatan Rajabasa Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Upah merupakan imbalan yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain atas pekerjaan orang yang telah diselesaikan. Upah dalam Islam secara umum masuk dalamʻIjārah. ʻIjārah dalam hal ini adalah memanfaatkan jasa seseorang yang disewa untuk dimanfaatkan tenaganya dengan perjanjian kerja tertentu. Sebelum bekerja majikan calon pekerjanya yang dalam hal ini yaitu seorang pengasuh bayi (Babysitter) melakukan kesepakatan kerja terlebih dahulu, karena menyangkut pada letak hak dan kewajiban keduanya agar tidak timbul adanya unsur pemaksaan dan ketidakjelasan dikemudian hari. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik pembayaran upah dengan penambahan beban kerja pada pengasuh bayi (Babysitter) Kelurahan Rajabasa Raya dan bagaimana analisis Hukun Islam terhadap praktik pembayaran upah dengan penambahan beban kerja pada pengasuh bayi (Babysitter) Kelurahan Rajabasa Raya Kecamatan Rajabasa Bandar Lampung. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik pembayaran upah dengan penambahan beban kerja pada pengasuh bayi (Babysitter) Kelurahan Rajabasa Raya Kecamatan Rajabasa Bandar Lampung dan untuk mengetahui analisis Hukum Islam terhadap praktik pembayaran upah dengan penambahan beban kerja pada pengasuh bayi (Babysitter) Kelurahan Rajabasa Raya Kecamatan Rajabasa Bandar Lampung. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan memakai metode berpikir deduktif. Data primer dalam penelitian ini didapat langsung dari hasil wawancara dengan para pihak yang bersangkutan yaitu majikan dan Babysitter, sedangkan data sekunder diperoleh dari kepustakaan. Untuk sampel pada penelitian ini sejumlah 5 orang majikan dan 5 orang Babysitter. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi, sedangkan metode pengolahan data melalui pemeriksaan data dan sistematika data. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa praktik pembayaran upah dengan penambahan beban kerja pada pengasuh bayi (Babysitter) terdapat hal yang menyimpang dalam pelaksanaannya, antara majikan dan Babysitter dalam praktiknya terjadi ketidaksesuaian dalam melaksanakan akad, penambahan beban kerja yang sengaja dilakukan oleh majikan diluar akad iv perjanjian yang telah disepakati bersama hal tersebut tentunya merugikan salah satu pihak menguntungkan pihak lain. hal tersebut juga dapat mengakibatkan rusaknya akad perjanjian yang terjalin serta mengakibatkan tidak terpenuhinya syarat keabsahan dalam akad. Meskipun dalam praktik pembayaran upahnya telah sesuai dengan akad perjanjian di awal, namun penambahan beban kerja tersebut dapat mendatangkan muḍharat karena terdapat pihak yang dirugikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Dec 2021 04:22
Last Modified: 30 Dec 2021 04:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16847

Actions (login required)

View Item View Item