ANALISIS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V SD NEGERI I HADUYANG NATAR LAMPUNG SELATAN

LILLA, SEPTILIANA (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V SD NEGERI I HADUYANG NATAR LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LILLA SEPTILIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran daring yang diberikan sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi kurang baik atau tergolong rendah. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas V SD Negeri 1 Haduyang Natar Lampung Selatan. Menurut menurut John Dewey manfaat pembelajaran daring ialah pembelajaran yang memiliki keunggulan dalam mengkonstruk pengetahuan yang dimiliki oleh siswa. Melalui pembelajaran daring siswa secara mandiri akan mengkreasi pengetahuan yang akan dikuasainya. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian kualitatif merupakan langkah penelitan yang menciptakan data deskriptif berbentuk kata-kata tertulis dan lisan dari orang-orang atau keadaan yang dilihat. Sumber data diperoleh dari guru. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran daring di SD Negeri 1 Haduyang Natar Lampung Selatan Kelas V sudah terlaksana di sekolah tersebut, tetapi belum sepenuhnya terlaksana dengan cukup baik. Meskipun dalam perencanaan dan persiapan guru sudah melaksanakannya, tetapi dalam pengaplikasian pembelajaran daring guru hanya menggunakan aplikasi Whatsapp untuk menunjang pembelajaran. Metode yang digunakan hanya berupa penugasan yang terdapat di buku cetak pendidikan agama islam. Lalu media yang digunakan hanya berupa gambar yang terdapat dibuku pendidikan agama islam. Ketersediaan sarana dan prasaranapun merupakan hal utama untuk menunjang keberhasilan pelaksanaan pembelajaran daring, tetapi tidak semua peserta didik memiliki smartphone/hp juga terkadang terkendala oleh keterbatasan dalam akses internet, dan pembiayaan sering menjadi hambatan dalam memaksimalkan sumber-sumber belajar online. Sekolah juga belum memberikan pelatihan penuh tentang penggunaan media elektronik untuk membekali guru dalam pembelajaran daring. Sehingga pelaksanaan pembelajaran daring belum maksimal sekalipun sudah dilaksanakan oleh guru. Kata Kunci: Analisis Pembelajaran Daring, Hasil belajar, Pendidikan Agana Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Dec 2021 04:04
Last Modified: 17 Dec 2021 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16719

Actions (login required)

View Item View Item