PERAN GURU DALAM MENDUKUNG PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS IV SD AL-AZHAR I BANDAR LAMPUNG

CARLINA, ARIYANTI CHAIRUDIN NISSA (2021) PERAN GURU DALAM MENDUKUNG PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS IV SD AL-AZHAR I BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam mendukung perkembangan sosial emosi peserta didik kelas IV SD Al-Azhar Bandar Lampung. Meliputi peran guru sebagai pendidik dalam mendukung perkembangan sosial emosi, peran guru sebagai pembimbing dalam mendukung perkembangan sosial emosi dan peran guru sebagai motivator dalam mendukung perkembangan sosial emosi peserta didik. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian kualitatif dengan data deskriptif. Adapun subjek penelitiannya adalah guru kelas IV SD Al-Azhar I Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data ini dianalisis dengan kualitatif melalui teknik analisis data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Peran guru dalam mendukung perkembangan sosial emosi peserta didik kelas IV pada pembelajaran daring, dapat terlaksana dengan baik, hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Peran guru sebagai pendidik dalam mendukung perkembangan sosial emosi pada hal ini adalah merupakan peran-peran yang berkaitan dengan tugas- tugas seperti halnya memberi bantuan dan dorongan (supporter), tugas-tugas pengawasan dan pembinaan (supervisor) serta tugas yang berkaitan dengan mendisiplinkan peserta didik agar peserta didik menjadi patuh terhadap aturan-aturan sekolah dan norma hidup dalam keluarga dan masyarakat. 2) peran guru sebagai pembimbing dalam mendukung perkembangan sosial emosi pada hasil penelitian ialah, guru berusaha membimbing peserta didik agar dapat menemukan berbagai potensi yang dimiliki peserta didik, membimbing peserta didik agar dapat mencapai dan melaksanakan tugas-tugas mengenai perkembangan diri mereka, sebagai pembimbing yang berkualitas dimasa pandemi guru SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung tidak segan untuk datang kerumah peserta didik yang mengalami keluhan dalam proses pembelajaran daring. 3) peran guru sebagai motivator ialah dengan menanamkan karakter tanggung jawab, pembiasan karakter jujur dan selalu memberikan keyakinan peserta didik untuk selalu percaya diri dengan kemampuannya agar dapat mandiri dalam mengerjakan tugas yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:31
Last Modified: 13 Sep 2021 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15665

Actions (login required)

View Item View Item