PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS AND RELIGIOUS (STEM.R) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP RELIGIUS KELAS X PADA MATERI EKOSISTEM

M.SYAH, PUTRA (2021) PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS AND RELIGIOUS (STEM.R) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP RELIGIUS KELAS X PADA MATERI EKOSISTEM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI M.SYAH PUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS AND RELIGIOUS (STEM.R) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP RELIGIUS KELAS X PADA MATERI EKOSISTEM Oleh M. Syah Putra Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran STEM.R terhadap keterampilan proses sains dan sikap religius peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda (Multiple choice) untuk mengukur keterampilan proses sains dan non tes berupa angket untuk mengukur sikap religius. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T independen. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan hasil uji hipotesis yang dipakai pada penelitian ini. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji t-independen yang memperoleh hasil sig 0,000 < α =0,05, sehinga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Science, technology, engineering, mathematic and religious (STEM.R) terhadap keterampilan proses sains dan sikap religius peserta didik kelas X pada materi Ekosistem di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Kata Kunci: Pendekatan STEM.R, Keterampilan Proses Sains, Sikap Religius.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2021 08:31
Last Modified: 18 Aug 2021 08:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15340

Actions (login required)

View Item View Item