TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG TUNTUTAN FASILITAS BARANG (Studi Pada Rumah Kost Muslimah Ulul Albab Kelurahan Sukarame Bandar Lampung)

SITI, NAIMAH (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG TUNTUTAN FASILITAS BARANG (Studi Pada Rumah Kost Muslimah Ulul Albab Kelurahan Sukarame Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI SITI NAIMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of skripsi 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan penulis terhadap sebuah tuntutan keharusan untuk pergantian barang dalam transaksi pemberian fasilitas pada rumah Kost Muslimah Ulul Albab Kelurahan Sukarame Bandar Lampung yang dibuat tanpa adanya sebuah akad atau perjanjian sebelumnya. Tuntutan tersebut mengakibatkan adanya keterpaksaan dalam hal pembayaran pergantian barang dikarenakan para penyewa tidak merasa merusak fasilitas berupa kulkas tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik tuntutan fasilitas barang pada Rumah Kost Muslimah Ulul Albab Kelurahan Sukarame Bandar Lampung dan bagaimana tinjauan Hukum Islam tentang praktik tuntutan fasilitas barang tersebut. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana praktik tuntutan fasilitas barang pada Rumah Kost Muslimah Ulul Albab Kelurahan Sukarame Bandar Lampung dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan Hukum Islam tentang praktik tuntutan fasilitas barang tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan data primer yang diambil dari sumber pertama yang ada dilapangan yaitu praktik pinjam meminjam barang tanpa akad, sedangkan data sekunder yang diperoleh dengan jalan melakukan studi kepustakaan yaitu: mempelajari, memahami, buku-buku, artikel. Dan kitab-kitab fiqih muamalah. Hasil penelitian menunjukan bahwa praktik tuntutan fasilitas barang pada Rumah Kost Muslimah Ulul Albab Kelurahan Sukarame Bandar Lampung dimana dalam transaksi tersebut awalnya dilakukan dengan peminjaman sebuah kulkas dengan dasar keiklasan dan keridhoan guna untuk menunjang fasilitas dan daya tarik penyewa. Namun pemberian pinjaman fasilitas tersebut dilakukan tanpa adanya sebuah akad atau perjanjian yaitu keharusan untuk mengganti apabila terdapat kerusakan. Setelah berjalannya waktu fasilitas yang diberikan tersebut mengalami penurunan kualitas yang disebabkan jarang digunakan sebelumnya, umur dari fasilitas yang cukup lama serta tingginya arus listrik. Hal tersebut mengakibatkan adanya sebuah tuntutan dengan pergantian barang baru. Tinjauan Hukum Islam pada tuntutan fasilitas barang dalam hal ini tidak sesuai dengan prinsip akad ariyah atau pinjam-meminjam dalam Islam. Dikarenakan tidak adanya sebuah akad yang mengharuskan untuk para penyewa kost mengganti apabila terjadi kerusakan. Jika terjadinya sesuatu pada barang pinjaman, peminjam tidak berkewajiban untuk mengganti barang tersebut. Namun dalam hal ini ariyah yang terjadi berlaku sebagai yad dhamanah, yang artinya peminjam wajib bertanggung jawab terhadap apa yang terjadi pada barang pinjaman dalam kondisi apapun tidak peduli apakah disebabkan oleh kelalaian atau bukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 May 2021 03:17
Last Modified: 10 May 2021 03:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14246

Actions (login required)

View Item View Item