PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PKn PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 11 BANDAR LAMPUNG

DHARMA, INDRIANTI (2021) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PKn PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 11 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Metode Talking Stick merupakan metode pembelajaran yang cukup baik yang diterapkan di sekolah. Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah masih rendahnya aktivitas belajar peserta didik kelas IV MIN 11 Bandar Lampung khususnya pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas belajar PKn peserta didik kelas IV MIN 11 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi yakni peneliti melakukan pengamatan melalui lembar observasi yang diisi dengan tanda chek list. Melalui wwancara, peneliti mengumpulkan informasi dari terwawancara (interviewer). Sedangkan dokumentasi yakni peneliti mengumpulkan data aktivitas belajar peserta didik dan aktivitas guru. Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dengan menggunakan metode Talking Stick sebagai metode pembelajaran. Hal ini dilihat dari adanya peningkatan pada siklus I sampai siklus III dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode Talking Stick sebagai metode pembelajaran. Pada siklus 1 aktivitas belajar peserta didik mencapai nilai persentase rata-rata 65,7% dengan kategori baik meningkat di siklus II menjadi 79,2% dengan kategori baik dan meningkat di siklus III menjadi 88,8% dengan kategori sangat baik. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Talking Stick sebagai metode pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas IV MIN 11 Bandar Lampung. Kata kunci: Talking Stick, Aktivitas Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2021 17:07
Last Modified: 02 Mar 2021 17:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13353

Actions (login required)

View Item View Item