PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA

Abdulah, Hanafi (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTs. Satu Atap Raudlatul Huda Al-Islamy, menunjukkan bahwa masih banyaknyat siswa yang belum mencapai nilai KKM. Penyebab hal ini adalah siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran di kelas, kurangnya tuntutan siswa untuk lebih menggali ilmu pengetahuan tentang materi yang sedang disajikan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dan perbedaan strategi pembelajaran Group to Group Exchange terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kreativitas belajar matematika (KBM) siswa kelas VII di MTs. Satu Atap Raudlatul Huda Al-Islamy. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasy Experimental Design. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs. Satu Atap Raudlatul Huda Al-Islamy dengan jumlah populasi 125 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas deng uji Bartlett. Dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu menggunakan uji ANAVA dua arah dengan sel tak sama dan uji lanjut yang menggunakan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe’. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terhadap data penelitian didapat bahwa, siswa dengan perlakuan strategi pembelajaran aktif Group to Group Exchange mempunyai kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih baik daripada siswa dengan perlakuan pembelajaran langsung. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan KBM tinggi lebih baik daripada siswa dengan KBM sedang dan rendah. Sedangkan siswa dengan KBM sedang mempunyai kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih baik daripada siswa dengan KBM rendah. Dan tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran aktif Group to Group Exchange dengan kategori kreativitas belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 08 Aug 2017 03:59
Last Modified: 08 Aug 2017 03:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/982

Actions (login required)

View Item View Item