MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG

Falori, Ariyensi (2017) MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_ARIYENSI.pdf]
Preview
PDF
Download (16MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pendidikan ditentukan oleh keberhasilan plaksanaan kegiatan belajar mengajar, yakni keterpaduan antara kegiatan guru dengan kegiatan peserta didik dan keterpaduan antara komponen-komponen dalam pembelajaran yaitu Tujuan, Materi. Mata pelajaran Aqidah Akhlak merupakan salah satu mata pelajaran Agama Islam yang diajarkan oleh guru di Madrasah Ibtidaiyah, perbedaan pengetahuan dan pemahaman, serta dorongan keingin tahuannya tentang mata pelajaran Aqidah Akhlak pada peserta didik akan sangat berpengaruh pada prestasi belajar yang dicapainya . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai motivasi belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VB (lima) MIN 10 Bandar Lampung sehingga penulis merumuskan masalah dalam penelitian ini: “motivasi belajar Peserta didik Pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MIN 10 Bandar Lampung” . Penelitian yang penulis lakukan ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan datanya penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data primer dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru aqidah akhlak serta peserta didik MIN 10 Bandar Lampung, sedangkan untuk data sekundernya penulis menggunakan buku-buku yang berkaitan dengan Motivasi Belajar. Data dianalisis dengan kualitatif melalui teknik analisis data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil analisis data memberikan kesimpulan bahwa Motivasi belajar peserta didik sudah tampak dalam diri peserta didik mulai dari kemandirian, ketekunan , keuletan dan prestasi dalam belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak. hal itu tidak terlepas dari usaha-usaha yang dilakukan guru Aqidah Akhlak namun ada beberpa yang masih menjadi faktor penghambat dalam membangkitkan motivasi belajar peserta didik seperti ketersediaan buku paket yang digunakan dan sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran Aqidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 08 Aug 2017 02:28
Last Modified: 08 Aug 2017 02:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/979

Actions (login required)

View Item View Item