IMPLEMENTASI STANDAR ISI DI SMP AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Pratiwi, Niken (2017) IMPLEMENTASI STANDAR ISI DI SMP AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_NIKEN_PRATIWI.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung merupakan salah satu sekolah swasta Islam yang ber Akreditasi “A”. Dengan demikian SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung dalam pemenuhan segala aspek dasar pendidikan telah memenuhi kriteria Standar Nasional Pendidikan yang memilik 8 komponen indikator dalam pemenuhan mutu pendidikan yang salah satunya adalah Standar Isi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi standar isi di SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk menggambarkan Implementasi Standar Isi di SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Jenis peneltian yang di gunakan dalam penelitan ini yaitu deskriptip kualitatif. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah interview, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian di analisis dan di sajikan kembali atau di Reduksi data , kemudian di di sajkan (data display), lalu di tarik kesimpulan (conclusion drawing). Yang kemudian data tersebut kembali di Triangulasikan. Implementasi standar isi di SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung memiliki beberapa tahap. Perencanaan, Perencanaan tersebut diirencanakan oleh tim kusus pengembang kurikulum,yang membahas tentang : Cangkupan Kelompok Mata Pelajaran, Struktur kurikulum, Beban Belajar, kalender akademik, kurikulum tingkat satuan Pendidikan. Pelaksanaan, Proses Pelaksanaan Kurikulum SMP Al- Azhar 3 Bandar Lampung terbagi menjadi dua yaitu pelaksanaan kurikulum tingkat sekolah dan pelaksanaan kurikulum tingkat kelas. Evaluasi, evaluasi itu sendri terbagi menjadi dua yaitu tingkat sekolah dan tingkat kelas, tingkat sekolah di lakukan kepala sekolah dalam kegiatan supervisi yang dilakukan oleh beliau menindak kegatan belajar sudah efektif atau belum dan sekaligus menilai kemampuan guru dalam menyampaikan ilmunya. Sedangkan evaluasi tingkat kelas, dilaksnakan oleh guru, dengan melakukan penilaian hasil belajar siswa berupa ulangan harian, kuis, ulangan semester dan UN.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 07 Aug 2017 07:10
Last Modified: 07 Aug 2017 07:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/976

Actions (login required)

View Item View Item