Relasi Makna Paradigmatik-Sintagmatik Konstruksi Berprefiks Negatif Bahasa Inggris: Satu Kajian Morfosintaktis Dan Semantis

Muhassin, Mohammad (2019) Relasi Makna Paradigmatik-Sintagmatik Konstruksi Berprefiks Negatif Bahasa Inggris: Satu Kajian Morfosintaktis Dan Semantis. PhD thesis, UIN Raden Intan lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (818kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul “Relasi Makna Paradigmatik-Sintagmatik Konstruksi Berprefiks Negatif Bahasa Inggris: Satu Kajian Morfosintaktis dan Semantis” ini bertujuan (i) merumuskan dan menganalisis jenis konstruksi derivasional yang dibentuk oleh prefiks negatif bahasa Inggris; (ii) merumuskan dan menganalisis konstruksi prefiks negatif bahasa Inggris secara morfosintaktis; (iii) mendeskripsikan dan menganalisis relasi makna paradigmatik-sintagmatik yang didukung oleh prefiks negatif bahasa Inggris. Jenis penelitian ini deskriptifkualitatif dengan menggunakan metode kajian distribusional dalam analisis data. Landasan teori yang digunakan mencakup morfologi, sintaksis, dan semantik. Data penelitian berupa kalimat-kalimat yang mengandung konstruksi prefiks negatif, yang dijaring dari novel-novel dan buku-buku ilmiah berbahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara struktural, jenis konstruksi derivasional yang mengalami perubahan kelas kata, yaitu (a) nominal deverba: un- + V; (b) nominal deadjektiva: un- + Adj; (c) verbal denomina: dis-, un- + N; (d) verbal deadjektiva: dis- + Adj; (e) adjektival denomina: anti-, non- + N, sedangkan derivasi yang mengalami pemertahanan kelas kata, yaitu (a) nominal: anti-, de-, dis-, im-, in-, mal-, mis-, non-, semi-, un- + N; (b) verbal: de-, dis-, mis-, un- + V; (c) adjektival: ab-, anti-, counter-, de-, dis-, dys-, il-, im-, in-, ir-, mal-, mis-, non-, un- + Adj; dan (d) adverbial: ab-, dis-, il-, im-, in-, ir-, non-, un- + Adv. Secara morfologis, konstruksi berprefiks negatif bahasa Inggris dibedakan atas, konstruksi dengan (a) dua konstituen, (b) tiga konstituen, dan (c) empat konstituen. Secara sintaktis, konstruksi berprefiks negatif berupa, konstituen induk dan pewatas dalam FN, FV, FAdj; induk dalam FV, FAdj, FAdv; pewatas dalam FN, FV, FAdj; aditif, alternatif, kontras, apositif dalam FEn; objektif, konektif, direktif dalam FE. Secara paradigmatis, sinonimi didukung oleh de-, im-, un-; hiponimi oleh ab-, mal- ; meronimi oleh de-, semi; antonimi oleh anti-, counter-, de-, dis-, dys-, il-, im-, in-, ir-, mal-, mis-, non-, un-. Secara sintagmatis, relasi atributif didukung oleh ab-, anti-, counter-, de-, dis-, il-, im-, in-, ir-, mal-, mis-, non-, un-; koordinatif oleh de-, dis-, im-, in-, ir-, mal-, mis-, non-, un-; objektif oleh de-, dis-, im-, in, mis-, non-, un-; konektif oleh anti-, dis-, dys, il-, im-, in-, ir-, mal-, mis-, non, un-; direktif oleh de-, dis-, im- in-, mal-, mis-, non-, semi-, un-; dan persesuaian SV oleh anti-, de-, dis-, im-, in-, mal-, mis-, un-.

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Dr Mohammad Muhassin
Date Deposited: 31 Jan 2020 04:24
Last Modified: 31 Jan 2020 04:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/9542

Actions (login required)

View Item View Item