PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) BERBANTUAN METODE GARIS PADA SOAL CERITA MATEMATIKA

Rianti, Hesti (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) BERBANTUAN METODE GARIS PADA SOAL CERITA MATEMATIKA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap_hesti.pdf]
Preview
PDF
Download (15MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pra-survey di SD N 2 Sumberejo Bandar Lampung peserta didik kelas IV diketahui bahwa kemampuan menyelesaikan soal-soal cerita matematika masih rendah. Selain itu, peserta didik juga mengalami kesulitan dalam melakukan perhitungan dalam perkalian. CIRC adalah model kooperatif terpadu membaca dan menulis. CIRC dalam matematika tidak hanya sekedar membaca dan menulis dari suatu bacaan akan tetapi perlu menemukan penyelesaian yang melibatkan perhitungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC, model pembelajaran CIRC berbantuan metode garis dan model Konvensional terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal cerita matematika peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental design (desain eksperiment semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N 2 Sumberejo Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik jenuh dan acak kelas. Teknik pengumpulan data berupa soal tes kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal cerita matematika berupa soal uraian, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis varian satu jalan dengan sel tidak sama. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi satu jalan dengan sel tak sama, dengan taraf signifikan 0,05 dari hasil data diperoleh = 16,832 dan = 3,071. Nilai maka ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan metode garis terhadap kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal cerita matematika. Berdasarkan hasil komparasi ganda dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran CIRC sama baiknya dengan model pembelajaran CIRC berbantuan metode garis, (2) model pembelajaran CIRC sama baiknya dengan model pembelajaran konvensional, (3) model pembelajaran CIRC berbantuan metode garis lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Kata kunci : Model Pembelajaran CIRC, Metode garis dalam perkalian, Menyelesaikan soal-soal cerita matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 03 Aug 2017 07:39
Last Modified: 03 Aug 2017 07:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/951

Actions (login required)

View Item View Item