PENGETAHUAN KEAGAMAAN SISWA TUNAGRAHIITA MAMPU DIDIK KELAS VII SMPLB PKK PROVINSI LAMPUNG

Sagita, Reza Arum (2017) PENGETAHUAN KEAGAMAAN SISWA TUNAGRAHIITA MAMPU DIDIK KELAS VII SMPLB PKK PROVINSI LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ]
Preview
PDF
Download (0B) | Preview

Abstract

Hidup manusia tidak bisa di pisahkan dengan pendidikan. Pendidikan menjadi bekal utama yang harus di miliki manusia, karena dengan pendidikan manusia dapat memilah-milah mana yang baik dan mana yang buruk, serta mampu mengembangkan pola pikirnya untuk menggapai tujuan hidup yang hendak di capai dalam keberlangsungan hidupnya. Pengetahuan keagamaan juga mempunyai peran yang dominan agar hidup manusia tetap stabil dan terarah pada jalan yang benar di dunia saat ini dan di akhirat kelak. Siswa tuangrahita memiliki IQ di bawah rata-rata anak normal pada umumnya yang menjadi pertanyaan bagaimana pengetahuan keagamaan yang di miliki siswa tunagrahita? Dan apakah siswa tunagrahita mampu menggemban pengetahuan keagamaan (Aqidah, Akhlaq, Ibadah, dan Al-Qur’an)? Ini yang menjadi rumusan masalah karna peneliti tertarik dengan permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan yang dimiliki siswa tunagrahita dan mampukah siswa tunagrahita mengemban ke 4 aspek yang ada dalam pengetahun keagamaan. Metode penelitian yang peneliti gunakan disini yaitu penelitian kealitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu pengamatan (observasi) dan wawancara (interview) sebagai metode primer/pokok dan dokumentasi sebagai metode skunder/penunjang. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pengetahuan keagamaan siswa tunagrahita bevariatif mulai dari baik hingga kurang baik. Dalam penelitian ini penulis melakukan penelitian kepada 6 orang siswa tunagrahita mampu didik kelas VII di SMPLB PKK Provinsi Lampung mengenai pengetahuan keagamaannya. Pengetahuan kegamaan siswa tunagrahita di bidang aqidah, akhlak menunjukan angka baik. Dalam bidang ibadah siswa tunagrahita kurang baik, dan dalam hal Al- Qur’an setengah dari jumlah siswa menjawab dengan benar dan sisanya tidak menjawab sama sekali. Bagi sebagian orang menganggap siswa tunagrahita yang memiliki IQ dibawah rata-rata tidak akan mampu mengemban pengetahuan keagamaan namun pada kenyataannya tidak semua siswa yang memiliki keterbatasan mental tidak mampu mengemban pengetahuan keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 03 Aug 2017 02:26
Last Modified: 03 Aug 2017 02:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/942

Actions (login required)

View Item View Item