PENERAPAN STRATEGI THE POWER OF TWO DALAM MENINGKATKAT HASIL BELAJAR PAI DI KELAS VII SMP N 5 BANDAR LAMPUNG

MUSLIMIN, MUSLIMIN (2020) PENERAPAN STRATEGI THE POWER OF TWO DALAM MENINGKATKAT HASIL BELAJAR PAI DI KELAS VII SMP N 5 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PENERAPAN STRATEGI THE POWER OF TWO DALAM.docx] HTML
Download (50kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi di SMPN 5 Bandar Lampung adalah Dimana selama ini proses pembelajaran hanya terpaku pada satu arah sehingga berdampak kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran (pasif) dan rendahnya kinerja siswa, baik pada proses belajar maupun pada produk belajarnya. Sebagian besar guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran yang monoton. Keadaan tersebut sangat potensial menimbulkan kejenuhan, kebosanan serta menurunkan minat dan motivasi belajar siswa. Ini berarti berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami oleh murid sebagai anak didik. Penenlitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang SMPN 5 Bandar Lampung. Pengumpulan data di lakukan dengan mengadakan observasi (pengamatan), dokumen dan wawancara . analisis data di lakukan dengan memberikanmakna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Latar belakang penelitian ini ialah bahwa dan tanggung jawab merupakan hal yang sangat penting agar sekolah menjadi sebuah lembaga pembentukan diri untuk mencapai kesuksesan. Menipisnya kesadaran bahkan hilangnya untuk bersikap disiplin dan tanggung jawab pada siswa yang menjadikan menghambatnya kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu di perlukan penanaman karakter yang baik untuk mewujudkan pembelajaran yang optimal terutama pembelajaran PAI serta untuk mengendalikan perilaku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan penanaman disiplin dan tanggung jawab siswa dan hasil daripenanaman karakter disiplin dan tanggung jawab tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk mengetahui pelaksanaan penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab siswa melalui pembelajaran PAI di SMP N 5 Bandar Lampung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ; 1) pelaksanaan peran penanaman karakter dan tanggung jawab yaitu untuk penanaman karakter disiplin dilakukan dengan beberapa kaidah yang dilakukan guru, antara konsisten, bersifat jelas, menghadirkan pujian, memberikan hukuman, bersikap luwes, bersikap tegas, melibatkan siswa. Begitu juga untuk penanaman sikap tanggung jawab yang dilakukan dengan beberapa kaidah yang dilakukan guru, antara lain memulai dari tugas-tugas sederhana, menembus kesalahan saat berbuat salah, segala sesuatu mempunyai konsekuensi, sering berdiskusi tentang pentingnya tanggung jawab. 2)Hasil peranan penanaman karakter dan tanggung jawab siswa melalui pembelajaran pendidikan agama islam adalah banyaknya peningkatan dari waktu ke waktu. Dapat dikatakan bahwa siswa sudah banyak mengalami peningkat dan mempunyai kesadaran untuk memiliki sikap disiplin dan tanggung jawab dalam mengikuti pembelajaran pendidikan islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 23 Jan 2020 03:57
Last Modified: 23 Jan 2020 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/9372

Actions (login required)

View Item View Item