PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK PADA TEMA INDAHNYA PERSAHABATAN KELAS III SD/MI

Armina, Lili (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK PADA TEMA INDAHNYA PERSAHABATAN KELAS III SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi lili.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview
[thumbnail of pusat 1-2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk dapat mengembangkan media pembelajaran yang bertujuan untuk : (1) Mengembangkan komik sebagai media pembelajaran pada tema indahnya persahabatan kelas III SD/MI. (2) Agar dapat mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis komik yang dikembangkan oleh peneliti, (3) Mengetahuin respon dalam penggunaan media pembelajaran berbasis komik baik peserta didik maupun pendidik. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian pengembangan atau yang lebih dikenal dengan Research and Development dengan menggunakan model Brog and Gall dan dilakukan dengan beberapa tahap yaitu menemukan potensi dan masalah, melakukan pengumpulan data, mendesain produk, melakukan validasi desain dengan melibatkan lima validator yaitu dua validator media, dua validator materi dan satu validator bahasa, dan dua responden pendidik, uji coba produksi kelompok kecil dan kelompok besar. kelompok kecil melibatkan dua puluh peserta didik dan kelompok besar melibatkan empat puluh peserta didik. Berdasarkan tahapan-tahapan yang telah disampaikan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwasannya media pembelajaran berbasis komik pada tema indahnya persahabatan kelas III SD/MI memperoleh nilai rata-rata dari ahli materi sebesar 85,57% dengan kategori sangat layak, nilai rata-rata dari ahli media sebesar 78,00% dengan kategori layak, nilai rata-rata dari ahli bahasa sebesar 86,66% dengan kategori sangat layak, dan penilaian respon pendidik memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,25% dengan kategori sangat layak, tahap uji kelompok kecil mempreoleh skor rata-rata presentase sebesar 90,59% dengan kategori sangat layak, uji kelompok besar memperoleh rata-rata presentase sebesar 91,99% dengan kategori sangat layak, hal ini menunjukan media pembelajaran berbasis komik yang dikembangkan oleh peneliti telah layak digunakan dalam membantu proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Dec 2019 07:58
Last Modified: 30 Dec 2019 07:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/9001

Actions (login required)

View Item View Item