PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Ningrum, Septia (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FULL] PDF (SKRIPSI FULL)
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of SKRIPSI SAMPAI BAB 2]
Preview
PDF (SKRIPSI SAMPAI BAB 2)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir Kritis merupakan Kemampuan ilmiah yang dimiliki oleh setiap individu, namun kemampuan tersebut tidak akan berkembang jika tidak dilatih dan dikembangkan. Pelaksanaan pembelajaran Biologi di kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung masih berfokus pada guru (teacher centered) dan penyajian materi masih bersifat satu arah serta kurang melatih dan membiasakan peserta didik untuk berpikir kritis. Hal tersebut menyebabkan kemampuan berpikir kritis biologi yang dimiliki peserta didik masih rendah. Berkenaan dengan masalah tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung pada kelas XI semester genap Tahun Ajaran 2018/2019 untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental design dengan rancangan posttest only control design. populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang dipilih dengan teknik acak kelas, yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan penerapan Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) dan kelas IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan strategi pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis biologi berdasarkan indikator berpikir kritis. Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) terhadap kemampuan berpikir kritis biologi peserta didik kelas XI di SMA Al-Azhar 3 Bandar lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Dec 2019 07:08
Last Modified: 10 Dec 2019 01:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/8877

Actions (login required)

View Item View Item