HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI MIN 1 BANDAR LAMPUNG

INNASYITHOH, ANNISA (2019) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI MIN 1 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF (SKRIPSI FULL)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (SKRIPSI SAMPAI BAB 2)
Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAKKecerdasanemosionalmerupakankemampuan seseorang untuk bisamengenaldirinya sendiridengan lebih baikdanmengenal oranglainsehinggaakan mampumenjalin sebuahhubunganyangharmonis denganoranglain. Siswayang mempunyaikecerdasanemosionalyang tinggi akan mampumengatasiberbagaimasalahyang dihadapinya dan mencapai kesuksesan. Individuyang cerdas emosinya akanbersikapoptimis,bahwa segala sesuatu dalamkehidupandapatteratasi.Sementara pemecahan masalah matematika adalah suatu proses dimana seorang dihadapkan pada konsep keterampilan, dan proses matematika untuk memecahkan masalah matematika. Hal ini membutuhkan rancangan dan penerapan sederetan langkah-langkah demi tercapainya tujuan sesuai dengan yang diberikan. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah prilakusiswayang terjadidikelasmencerminkankecerdasanemosionalseseorang kurang,ditandaidengan meningkatnyatindak kekerasan dankekecewaansepertisikapmenentang guru, bohong,cepat marah,mudahtersinggung, takut jika disuruh maju kedepan, acuh kepada teman dan lain sebagainya. Selain itu, kemampuan pemecahan masalah sebagian besar siswa masihkurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubunganantara kecerdasan emosional dengan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas V di MINIBandar Lampung.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas V MINIBandar Lampung, sedangkan sampel yang digunakan 78 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik analisis data menggunakan korelasi pearson product moment dan instrument yang digunakan berupa angket kecerdasan emosional dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika.Analisis data menggunakan statistiska infrensial berbatu aplikasi software SPSS 16.0. Hasil analisis data diperoleh rhitung sebesar 0,915> rtabel pada tarf signifikasi 0,05, sehingga disimpulkan terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas V di MINIBandar Lampung.Kata Kunci:Kecerdasan emosional, kemampuan pemecahan masalah matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Dec 2019 01:59
Last Modified: 09 Dec 2019 01:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/8871

Actions (login required)

View Item View Item