Tiaingsih, Een (2019) HUBUNGAN GIZI DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI PAUD KHODIJAH KECAMATAN SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan kognitif merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting untuk dikembangkan sejak usia dini. Namun perkembangan kognitif tidak akan berkembang secara optimal jika tidak di stimulus dan dikembangkan. Berdasarkan observasi pendahuluan di PAUD Khodijah Sukarame Bandar Lampung ditemui perkembangan kognitif anak yang tidak baik 7 anak, cukup berkembang 6 anak, dan baik 2 anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara gizi dengan perkembangan kognitif anak usia dini di PAUD Khodijah Sukarame Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian koresional. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara gizi dengan perkembangan kognitif anak usia dini di PAUD Khodijah Sukarame Bandar Lampung”. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di PAUD Khodijah Sukarame Bandar Lampung yang berumur 4-5 tahun sebanyak 15 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment. Hasil analisis, diketahui bahwa = 0,913 dengan jumlah sampel N = 15, yang kemudian dikonsultasikan pada tabel dengan taraf signifikansi 5% dihasilkan 0,913 > 0,514, dengan demikian dapat diketahui bahwa r hitung lebih besar dari r tabel, yang berarti ada korelasi (hubungan) yang signifikan antara gizi dengan perkembangan kognitif anak usia dini di PAUD Khodijah Sukarame Bandar Lampung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 03:16 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 03:16 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/8810 |
Actions (login required)
View Item |