Peran Kepala Sekolah dan Guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP PGRI 6 Bandar Lampung

Ferayanti, Ferayanti (2017) Peran Kepala Sekolah dan Guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP PGRI 6 Bandar Lampung. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (335kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
PDF
Download (120kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (146kB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (285kB) | Preview
[thumbnail of Bab_2.pdf]
Preview
PDF
Download (470kB) | Preview
[thumbnail of Bab_3.pdf]
Preview
PDF
Download (165kB) | Preview
[thumbnail of Bab_4.pdf]
Preview
PDF
Download (361kB) | Preview
[thumbnail of Bab_5.pdf]
Preview
PDF
Download (54kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (190kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pendidikan Agama Islam di lembaga pendidikan terutama sekolah sangat penting untuk pembinaan dan penyempurnaan pertumbuhan kepribadian peserta didik, karena Pendidikan Agama Islam mempunyai aspek penting yaitu yang ditunjukkan pada pembentukan kepribadian dan pengajaran agama Islam itu sendiri. Sikap positif bagi seorang guru tidak kalah pentingnya dalam menentukan keberhasilan belajar mengajar. Meningkatkan prestasi belajar tersebut harus dilakukan oleh guru agama Islam agar setiap peserta didik dapat memiliki prestasi belajar yang tinggi sehingga mereka memiliki bekal keilmuan atau penguasaan terhadap materi pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat dicapai dengan sebaik- baiknya. Kepala sekolah dan guru PAI telah melaksanakan bermacam usaha dalam proses belaj ar mengajar di sekola h dalam peningkatan prestasi pesert a didik , akan tetapi masih ada peserta didik yang mendapatkan nilai tidak tuntas, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dari latar belakang tersebut, rumusan masalah penelitian ini ada lah: “Bagaimana peranan kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP PGRI 6 Bandar Lampung ?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam bagaimana peranan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik serta untuk mengetahui bagaimana peranan dan upaya guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP PGRI 6 Bandar Lampung. Penelitian ini bersifat field research (penelitian lapangan) karena dalam proses pengumpulan data digunakan metode interview sebagai metode pokok, dan dilengkapi dengan metode observasi serta dokumentasi sebagai metode penunjang. Setelah data terkumpul maka selanjutnya dilakukan analisis dengan mempergunakan deskriptif kualitatif, artinya analisa data dalam bentuk kalimat secara sistematis berdasarkan kenyataan yang diperoleh dari hasil penelitian di lapangan sehingga memudahkan dalam menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian di temukan bahwa, : kepala SMP PGRI 6 Bandar Lampung telah melaksanakan peranannya sebagai educator, manager, administrator, leader, supervisor, inovator, dan motivator. Selain itu, peranan guru PAI dalam meningkatkan prestasi dan hasil belajar pendidikan agama Islam yaitu meliputi: a) menguasai pelajaran, b) mengelola program belajar mengajar, c) mengelola kelas, d) menggunakan media, e) mengelola interaksi belajar, f) mengevaluasi hasil belajar, g) melakukan tindak lanjut pembelajaran. Namun, masih ada peserta didik yang mendapatkan nilai tidak tuntas sebanyak 10 orang. Dari pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah dan guru PAI SMP PGRI 6 Bandar Lampung telah melaksanakan peranannya dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik khusunya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, meskipun demikian hasil yang dicapai belum maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 07 Feb 2017 01:22
Last Modified: 07 Feb 2017 01:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/87

Actions (login required)

View Item View Item