PERAN PROMOSI PADA PEMBENTUKAN CITRA PERUSAHAAN ZOYA DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

Rahmah, Siti Nur (2017) PERAN PROMOSI PADA PEMBENTUKAN CITRA PERUSAHAAN ZOYA DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_siti_nurahmah_banget.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

men agar tertarik apada produk yang ditawarkan dengan tujuan agar konsumen mengambil keputusan untuk membeli produk yang ditawarkan. Perusahaan Zoya mempromosikan produknya dengan melalui media cetak, media social seperti brosur, banner, facebook dan web dan melakukan diskon/ potongan harga dengan begini Zoya memperkenalkan produk –produknya dengan tujuan selanjutnya adalah memotivasi para pelanggan atau konsumen untuk mencari, membeli dan menjadi pelanggan tetap. Citra yang baik merupakan perangkat kuat bukan hanya untuk menarik konsumen dalam memilih produk atau perusahaan, melainkan juga dapat memperbaiki sikap dan kepuasan pelanggan terhadap perusahaan. Etika bisnis Islam sebagai perangkat nilai tentang baik, buruk, benar dan salah dalam dunia bisnis berdasarkan prinsip-prinsip moralitas dan juga Al-Qur’an dan hadis yang telah di contohkan oleh Rasulullah SAW. alasan memilih judul karena perlu adanya promosi yang baik yang sesuai dengan etika bisnis dalam Islam dalam sebuah organisasi untuk terwujudnya pemasaran, perusahaan Zoya adalah lembaga yang bergerak dibidang busana muslim yang menggunakan bahan berkualitas tinggi dan inovatif yang didatangkan langsung dari turki dan banyaknya literature buku yang membahas tentang promosi dan etika bisnis Islam. tujuan untuk mengetahui promosi Zoya dalam etika bisnis Islam dan mengetahui peran promosi pada pembentukan citra perusahaan dalam etika bisnis Islam. adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah manajer Zoya, 10 pegawai Zoya dan 100 pelanggan Zoya jadi keseluruhan populasi berjumlah 111 orang. yang menjadi sampel 5 pegawai Zoya, manajer Zoya dan 10 pelanggan Zoya. Metode yang digunakan penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu dengan mengumpulkan data yang digunakan dengan penelitian ditempat pelaksanaan kegiatan yang diteliti. sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan sifat penelitian ini adalah deskriptif. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa promosi yang dilakuan Zoya sudah sesuai dengan etika Bisinis Islam dilihat dari prinsip-prinsip etika bisnis iIslam dan nilai –nilai etika bisnis Islam yang juga di terapkan oleh perusahaan Zoya dan juga dalam promosinya Zoya selalu mengupayakan barangnya yang sesuai dengan barang yang ada di perusahaan/rill kondisi barangnya dan tidak melebih-lebihkan dan tidak melanggar aturan aturan Islam dalam berpromosi, karena perusahaan juga memikirkan citra yang positif agar selalu melekat pada perusahaan, tentunya dengan melakukan promosi yang tidak melakukan penipuan, kebohongan dan mengingkari janji. kata kunci: promosi, citra positif, etika bisnis islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 25 Jul 2017 02:35
Last Modified: 25 Jul 2017 02:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/843

Actions (login required)

View Item View Item