PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS DASADARMA PRAMUKA TERHADAP SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI MAN 2 BANDAR LAMPUNG

Sari, Ratna (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS DASADARMA PRAMUKA TERHADAP SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI MAN 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA (termasuk Biologi) pada hakikatnya memiliki komponenkomponen yang menjadi tujuan pembelajaran yaitu sikap ilmiah, proses ilmiah, dan produk ilmiah. Namun dalam keadaan sebenarnya dilapangan sikap ilmiah peserta didik kurang tertanam pada pribadi peserta didik. Salah satunya pada peserta didik di MAN 2 Bandar Lampung. Terdapat berbagai faktor penyebab kurang tertanamnya sikap ilmiah peserta didik di MAN 2 Bandar Lampung seperti pembelajaran yang masih sering berpusat pada pendidik. Ada beberapa model pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan sikap ilmiah peserta didik, salah satunya dengan menerapkan model problem based learning berbasis dasadarma pramuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sikap ilmiah peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model problem based learning berbasis dasadarma pramuka pada mata pelajaran Biologi kelas XI di MAN 2 Bandar Lampung. Penelitian eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian pretest-postest nonequivalent control group design. Sampel penelitian dipilih secara sampling purposive. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket dan lembar observasi sikap ilmiah. penelitian dengan hipotesis “ada perbedaan sikap ilmiah peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model problem based learning berbasis dasadarma pramuka”, di analisis dengan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen perolehan rata-rata nilai N-Gain yaitu 0,579 yang termasuk dalam kategori sedang. Rata-rata hasil penilaian lembar observasi sikap ilmiah yaitu 88,32 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Pada kelas kontrol perolehan rata-rata nilai N-Gain yaitu 0,378 yang termasuk dalan kategori sedang. Rata-rata hasil penilaian lembar observasi sikap ilmiah yaitu 84,72 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan analisis uji paired sample t-test diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 15,418 > 2,024. Artinya terdapat perbedaan sikap ilmiah yang signifikan sebelum dan sesudah penerapan model problem based learning berbasis dasadarma pramuka pada mata pelajaran Biologi kelas XI materi sistem gerak di kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 21 Jul 2017 02:26
Last Modified: 21 Jul 2017 02:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/835

Actions (login required)

View Item View Item