UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI (3-4 TAHUN) MELALUI METODE BERCERITA DI PAUD KHADIJAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Rosmiyati, R (2017) UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI (3-4 TAHUN) MELALUI METODE BERCERITA DI PAUD KHADIJAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of cover_dll.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Bahasa sebagai salah satu aspek perkembangan yang harus dikembangkan pada usia dini 3 sampai 4 tahun karena bahasa merupakan media komunikasi agar anak dapat menjadi bagian dari kelompok sosialnya. Bahasa dapat berbentuk lisan, gambar, tulisan, isyarat. Karakteristik Perkembangan bahasa anak usia 3-4 tahun antara lain,1) Menerima bahasa Menyimak perkataan orang lain 2) Mengungkapkan bahasa, 3)Senang mendengarkan dan menceritakan kembali cerita sederhana dengan urut dan mudah dipahami. Metode Bercerita adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang secara lisan kepada orang lain dengan alat atau tanpa alat tentang apa yang harus disampaikan dalam bentuk pesan,informasi atau hanya sebuah dongeng yang untuk didengarkan dengan rasa menyenangkan. oleh karena tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan kemampuan bahasa melalui metode bercerita. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat diskriptif. Subyek penelitian adalah orang yang berhubungan langsung dalam memberikan informasi tentang situasi dan kondisi latar penelitian kualitatif yaitu guru dan murid sedangkan obyek penelitiannya adalah bagaimana upaya guru dalam mengembangkan bahasa anak dengan menggunakan metode bercerita. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Adapun jenis observasi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi non partisipan yaitu observer tidak ikut dalam kehidupan orang yang diobserver dan secara terpisah berkedudukan selaku pengamat.yang diobservasi dan diwawancarai adalah bagaimana upaya guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa melalui metode bercerita Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga cara yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa dengan menggunakan metode bercerita adalah: Pertama, upaya yang dilakukan guru dengan cara Membacakan langsung dari buku cerita, . Kedua, upaya yang dilakukan guru Bercerita degan menggunakan ilustrasi gambar dari buku . Ketiga,uapaya yang dilakukan guru Menceritakan Dongeng. Hasil yang didapat dalam mengembangkan Bahasa diPAUD Khadijah Bandar Lampung dengan menggunakan metode bercerita, anak dapat, 1) Menerima bahasa, anatara lain : a) dapat mengerti perkataan orang lain, b) Memahami cerita yang dibacakan oleh guru, d) dapat menegenal kata-kata seperti, baik, jujur dan sabar. 2) Mengungkapkan bahasa, antara lain, a) anak dapat mengulang kata-kata yang didengar, b) anak dapat menjawab pertanyaan sederhana, , c) anak dapat menyebutkant kata kata benda yang dikenal, e) anak dapat mengucapkan keinginan, f) anak dapat menceritakan kembali cerita dongeng yang pernah didengar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 20 Jul 2017 07:15
Last Modified: 20 Jul 2017 07:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/834

Actions (login required)

View Item View Item