SUPERVISI KEPALA SD AL-AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG

SUSI FIETRI YANTI AL, AL (2019) SUPERVISI KEPALA SD AL-AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Supervisi adalah melihat, meninjau, dan menilai dari atas yang dilakukan oleh pihak atasan terhadap aktivitas, kreativitas, dan kinerja bawahan. Supervisi akademik kepala sekolah adalah suatu program yang berupa bantuan dan bimbingan kepada pendidik agar dapat menjalankan tugasnya secara efektif dan profesional. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan supervisi akademik kepala sekolah, bagaimanan pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dan bagaimana tindak lanjut dari supervisi akademik kepala sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut supervisi akademik kepala SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif. Tempat penelitian ini dilakukan di SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data maka ditemukan bahwa supervisi akademik kepala SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung telah dilakukan secara terencana dan terstruktur terbukti dengan tiga tahapan yaitu tahapan perencanaan dimulai dengan kegiatan observasi, membuat jadwal supervisi dan sosialisasi. Kemudian pada pelaksanaan program supervisi telah dilaksanakan sesuai dengan teori yaitu dengan cara kunjungan kelas, menentukan instrumen, menganalisis hasil supervisi dan membuat rekomendasi. Pada tahap tindaklanjut program supervisi, kepala SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung melakukan pembinaan berupa pelatihan, workshop, bimbingan dan pemantapan instrumen. Para pendidik di SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung memiliki kompetensi yang sesuai dengan peraturan pemerintah yaitu memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M. Najib Ali
Date Deposited: 13 Nov 2019 03:19
Last Modified: 13 Nov 2019 03:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/8322

Actions (login required)

View Item View Item