PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI SMAN 7 BANDAR LAMPUNG PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN

Putri, Indri Wirayanti (2017) PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI SMAN 7 BANDAR LAMPUNG PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of INDRI.pdf]
Preview
PDF
Download (11MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA khususnya Biologi di kelas masih cenderung berfokus pada guru dan penyajian materi cenderung hanya menyampaikan konsep-konsep yang ada di dalam buku. Akibatnya hasil belajar kognitif tidak optimal. Pembelajaran biologi dengan teknik mind mapping menuntut siswa untuk berperan aktif membangun sendiri pengetahuannya serta dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan konstruktivisme dengan teknik mind mapping terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi jaringan tumbuhan di SMAN 7 Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah The matching only posttest control group design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 7 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, dari teknik tersebut didapat kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan teknik mind mapping dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan teknik mind mapping. Berdasarkan hasil analisis data posttest kedua kelas menggunakan Uji-t diperoleh hasil thitung sebesar 4,03 dan ttabel pada taraf signifikansi 5 % sebesar 2,01 maka thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan konstruktivisme dengan teknik mind mapping terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi jaringan tumbuhan di SMAN 7 Bandar Lampung. Kata kunci : Pendekatan Kostruktivisme, Mind Mapping

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 20 Jul 2017 06:42
Last Modified: 20 Jul 2017 06:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/832

Actions (login required)

View Item View Item